Sabo Dam akan Dibangun di 3 Aliran Sungai Tanah Datar

16 Juli 2024
Saat survei pembangunan Sabo Dam aliran gunung Marapi

Saat survei pembangunan Sabo Dam aliran gunung Marapi

RIAU1.COM - Sebanyak 40 sabo dam dari 56 sabo dam yang akan dibangun pemerintah pusat di Sumatera Barat (Sumbar) akan dialokasikan di Kabupaten Tanah Datar. Sabo dam ini dibangun sebagai upaya penanggulangan lahar Gunung Marapi.

Berdasarkan keterangan Kabid PSDA Dinas PUPR Tanah Datar, Jon Kennedi, sesuai informasi dan Balai Wilayah Sungai Sumatra (BWSS) V dan Balai Sabo Jogjakarta, bahwa untuk pembangunan sabo dam di Tanah Datar tahun ini, direncanakan di tiga aliran sungai.

Ketiga aliran sungai itu, terang Jon, yaitu Batang Malana yang berlokasi di Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan sebanyak tiga unit.

"Kemudian, Batang Anai di Nagari Singgalang, Kecamatan X Koto dan Silaing Bawah Kecamatan Padang Panjang Barat sebanyak dua unit, Batang Pagu-pagu, Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto satu unit," ujar Jon dilansir dari laman Facebook Kominfo Tanah Datar yang dimuat Langgam.id.

Jon mengatakan, bahwa pembangunan sabo dam tersebut mulai dikerjakan pada September mendatang sesuai kontrak.

"Sesuai informasi BWSS V kontrak bulan September 2024. Saat ini tim Balai Sabo sedang mengklirkan perencanaan, karena baru siap pelaksanaan pengukurannya 15 hari ke belakang,"demikian Jon.*