PLTP Menurut ESDM Sumbar Tak Merusak Lingkungan

PLTP Menurut ESDM Sumbar Tak Merusak Lingkungan

14 November 2023
Kadis ESDM Sumbar, H Herry Martinus/Deliknews.com

Kadis ESDM Sumbar, H Herry Martinus/Deliknews.com

RIAU1.COM - Keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) atau geothermal dipastikan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) H Herry Martinus tidak akan merusak lingkungan. 

Herry menyebut justru PLTP berkepentingan untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar lokasi eksplorasi energi panas bumi untuk menjaga kestabilan curah hujan.

“Karena dia (geothermal) punya kepentingan menjaga hutan wilayah setempat untuk tetap terjaga sehingga curah hujan di sana bisa maksimal, sebagaimana kondisi sekarang. Karena dia berkepentingan menjaga penyerapan air,” ujar Herry yang dimuat Katasumbar belum lama ini.

Lalu Herry mencontohkan seandainya sebuah perusahaan penggarap geothermal mendapatkan izin lahan seluas 5 ribu hektare, yang akan dibangun untuk tempat pembangkit hanya sekitar 50 hektare, atau hanya 1% nya saja. Tapi kata Herry perusahaan akan berusaha menjaga keseluruhan 5 ribu hektare lahan tersebut agar tetap lestari. Tujuannya supaya kelembaban tanah dan curah hujan di wilayah tersebut tetap maksimal. 

“Luasan izin yang diberikan itu umumnya memang sangat luas karena meliputi sebuah kesatuan sistem panas bumi, tapi bukan berarti semuanya akan dipakai untuk pembangunan pembangkit listrik,” jelas Herry.

Kedepan Herry menginginkan pemahaman seperti ini harus disampaikan kepada masyarakat. Karena kata dia masih ada sebagian kecil masyarakat yang terprovokasi isu-isu negatif yang menyebutkan geothermal akan memakan banyak lahan serta merusak lingkungan serta mengakibatkan bencana kekeringan.

“Justru geothermal akan berusaha mencegah kekeringan,” ujar Herry lagi.*