Pertamina Patra Niaga Bantu Suplai BBM ke Wilayah Bencana di Sumbar

Pertamina Patra Niaga Bantu Suplai BBM ke Wilayah Bencana di Sumbar

23 Mei 2024
Pertamina Patra Niaga membantu suplai BBM jenis Dexlite untuk operasional alat berat di wilayah terdampak bencana banjir bandang dan lahar dingin Gunung Marapi di Sumbar. Foto: Istimewa.

Pertamina Patra Niaga membantu suplai BBM jenis Dexlite untuk operasional alat berat di wilayah terdampak bencana banjir bandang dan lahar dingin Gunung Marapi di Sumbar. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pertamina Patra Niaga membantu suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Dexlite untuk operasional alat berat di wilayah terdampak bencana banjir bandang dan lahar dingin Gunung Marapi, Sumatera Barat (Sumbar). Bencana ini melanda Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar pada 11 Mei 2024 lalu.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Sumbagut Freddy Anwar, di posko pengungsian Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Rabu (22/5/2024), mengatakan, proses evakuasi dan penanganan di wilayah terdampak masih terus dilakukan oleh pemerintah daerah (pemda) dipimpin oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada hari kesepuluh usai bencana banjir bandang dan lahar dingin. Guna Memastikan kebutuhan energi dalam proses penanganan bencana, kami turut memberikan bantuan BBM dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) kepada pemda dan BNPB selama masa tanggap darurat.

Bantuan BBM ini untuk operasional alat berat di lokasi bencana. Sejak 12 Mei malam hingga kini, Pertamina Patra Niaga Sumbagut bersama Program Pertamina Peduli telah menyalurkan bantuan sekitar 2.500 liter BBM jenis Dexlite untuk tiga wilayah terdampak, seperti Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kota Padang Panjang setiap hari.

"Jumlah BBM yang kami salurkan ini juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan untuk aktivitas di lokasi," ungkap Freddy.

Dalam penyaluran BBM di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Pertamina Patra Niaga Sumbagut telah menerapkan skema Reguler Alternative Emergency (RAE). Alur distribusi pasokan melalui Terminal BBM Sibolga, Fuel Terminal (FT) Sei Siak, IT Dumai, dan FT Tembilahan yang berada di Provinsi Riau. Ada juga bantuan dari TBBM wilayah Jambi yang telah dimulai sejak 12 Mei.

"Kami juga terus memantau perkembangan situasi di wilayah rute terdampak usai bencana, mulai dari pasokan BBM hingga ketersediaan yang menyokong kebutuhan pengoperasian alat berat," sebut Freddy.

Pertamina Patra Niaga Sumbagut juga sudah menyalurkan bantuan gas elpiji tabung 12 Kilogram untuk kebutuhan empat dapur umum. Dapur umum ini berada di Posko SDN 08 Bukik Batabuah Kabupaten Agam, Posko Pengungsian Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar, posko rumah dinas sekretaris daerah, Kelurahan Pasar Usang Kota Padang Panjang serta dapur umum Gedung Indo Jolito, Kota Batusangkar.

"Bantuan kebutuhan logistik dan kebutuhan dasar juga telah disalurkan di posko-posko tersebut. Dari sisi penanggulangan usai bencana, kami siap berkontribusi membantu pemulihan di wilayah terdampak. Kami menjamin ketersedian BBM serta gas elpiji di sekitar kawasan bencana," pungkas Freddy.