Pendaki Gunung Talang Sumbar Meninggal Dunia

Pendaki Gunung Talang Sumbar Meninggal Dunia

12 Juni 2023
Gunung Talangn/Net

Gunung Talangn/Net

RIAU1.COM - Seorang pendaki Gunung Talang dilaporkan meninggal dunia. Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (11/6/2023) sekitar pukul 15.30 WIB.

Menurut informasi pendaki tersebut naik ke puncak Gunung Talang via Pos 2 Bukik Bulek, Jorong Kampung Batu Tengah, Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok.

Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo membenarkan peristiwa tersebut. Korban diketahui bernama Hendri How (41) warga Kelurahan Belakang Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

“Dugaan sementara karena sakit asma yang diderita korban kambuh dan pada saat melakukan pendakian yang bersangkutan dalam kondisi kurang sehat,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang dimuat Katasumbar.

Ia menyebutkan, pada Sabtu (10/6/2023) sekitar pukul 23.45 WIB korban bersama rekan-rekannya sebanyak 12 orang sampai di Posko 1 jalur Pendakian Gunung Talang Via Bukik Bulek. Seluruhnya melapor ke petugas Pos untuk mendaki ke Gunung Talang.

“Kemudian petugas posko melihat korban dalam kondisi sakit asma sesuai keterangan dari korban,” kata dia.

“Melihat kondisi tersebut petugas posko melarang korban untuk mendaki Gunung talang dan menyuruh korban untuk istirahat saja di posko 1 Gunung Talang,” sambungnya.

Apri Wibowo melanjutkan, sekira pukul 24.00 WIB rekan-rekannya melanjutkan pendakian ke Gunung Talang.

“Pada pagi hari sekitar pukul 08.30 WIB korban ingin ke posko 2 pendakian Gunung Talang menggunakan ojek dan sesampai di posko 2 korban beristirahat di Pos,” ujar dia.

Apri Wibowo menambahkan, sekira pukul 15.45 WIB petugas posko Gunung Talang via Bukik Bulek ingin mengecek menemui korban di posko tersebut.

“Didapati korban saat itu lagi berbaring di Pos. Petugas tersebut ingin membangunkan korban namun saat itu korban tidak merespon. Petugas memastikan keadaan korban sudah meninggal dunia,” tuturnya.

Kemudian, petugas tersebut melaporkan kepada Ketua Posko. Selanjutnya teman korban membawa korban ke Kota Padang.*