Mahasiswa Baru Asal Daerah Terdampak Banjir Lahar Dingin Ditawari UM Sumbar Beasiswa

2 Juni 2024
UM Sumatera Barat/Net

UM Sumatera Barat/Net

RIAU1.COM - Program beasiswa UM Sumbar Peduli Bencana diluncurkan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumbar) .

Program ini ditujukan bagi mahasiswa yang berasal dari daerah terdampak banjir lahar dingin atau galodo beberapa waktu silam.

“Program UN Sumbar Peduli Bencana dialokasikan khusus bagi anak-anak terdampak bencana,” ujar Rektor Riki Saputra, Sabtu 1 Juni 2024 yang dimuat Katasumbar.

Kemudian Riki mengatakan, bencana yang terjadi pada Sabtu 11 Mei 2024 silam itu telah memporak-porandakan ekonomi warga sehingga UM Sumbar tergerak untuk membantu dengan membawa misi Persyarikatan Muhammadiyah.

“Beasiswa diberikan kepada anak-anak kita penerus harapan bangsa yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, namun keinginan tersebut terhalang oleh bencana alam yang menyebabkan runtuhnya roda perekonomian masyarakat terdampak,” ujarnya.

Sambung dia, beasiswa ini berupa potongan sebesar 40% dari total biaya UKT sesuai dengan program studi yang dipilih. Program beasiswa ini dilaunching pada tanggal 1 Juni 2024 dan berakhir pada tanggal 30 Juni 2024.

Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini juga sangat mudah, cukup dengan melampirkan bukti atau surat rekomendasi dari walinagari/walijorong/lurah tempat calon mahasiswa baru berdomisili yang terkena dampak bencana.

“Untuk proses pendaftaran informasi lebih lengkap dapat di akses melalui website pmb.umsb.ac.id,” sebut Riki Saputra.

Beasiswa ini diperuntukkan khusus Prodi berikut: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Hukum Keluarga Islam, Bimbingan Konseling Islam, Ilmu Politik, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, Pendidikan Matematika, Usaha Perjalanan Wisata, Perhotelan, Agribisnis dan Agroteknologi.*