Longsor di Sijunjung, Jalan Durian Gadang-Silokek Tertutup

Longsor di Sijunjung, Jalan Durian Gadang-Silokek Tertutup

25 Desember 2023
Kawasan terdampak longsor di Sijunjung/Polres Sijunjung

Kawasan terdampak longsor di Sijunjung/Polres Sijunjung

RIAU1.COM - Hujan beberapa hari terakhir menyebabkan longsor di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Laporan personel Polsek Sijunjung yang turun langsung ke lokasi, terdapat sejumlah titik tanah longsor di Nagari Durian Gadang, Nagari Silokek, dan Nagari Aie Angek, Senin (25/12/2023).

Salah satu titik longsor yang cukup parah terjadi di jalan penghubung Nagari Durian Gadang dan Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung.

Tanah longsor dan kayu tumbang menutupi badan jalan, sehingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan.

Kapolsek Sijunjung AKP Usman Nurwidi mengatakan, kejadian tersebut sudah ditangani oleh anggota Polsek Sijunjung.

Personel yang turun ke lokasi dipimpin Kanit Binmas Polsek Sijunjung Aiptu Zulkifli, didampingi Ka SPKT B Aipda Wildy Sutarsa, Bhabinkamtibmas Nagari Muaro Aipda Jekhie Mirazando, Bhabinkamtibmas Nagari Silokek dan Durian Gadang Briptu Rifqol Hamdi, serta Wali Nagari Durian Gadang, Yusri, bersama masyarakat Nagari Durian Gadang.

"Kami bersama masyarakat berupaya membersihkan tanah longsor dan kayu tumbang yang menutupi badan jalan. Alhamdulillah, saat ini jalan sudah bisa dilewati oleh kendaraan," kata Usman Nurwidi yang dimuat Padangkita.com.

Selain di jalan penghubung Nagari Durian Gadang dan Nagari Silokek, terdapat juga titik longsor di Jorong Koto, Mudiak Air Terjun, Nagari Durian Gadang, dan di Jorong Koto Mudiak, dekat SMP Negeri 23 Nagari Durian Gadang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung untuk membantu dengan alat berat untuk mengatasi longsor tersebut," ujar Usman Nurwidi.*