Korsleting Listrik, 6 Rumah di Gunung Talang Solok Ludes

Korsleting Listrik, 6 Rumah di Gunung Talang Solok Ludes

5 Januari 2023
Rumah yang terbakar di Gunung Talang Solok

Rumah yang terbakar di Gunung Talang Solok

RIAU1.COM - Kebakaran hebat yang terjadi di Jorong Balai Pandan, nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, menghanguskan sebanyak enam unit rumah, Selasa (3/1/2023) malam.

Peristiwa kebakaran tersebut menghanguskan 3 rumah gadang yang merupakan rumah adat khas Minangkabau, serta 3 unit semi permanen.

Terhadap musibah yang melanda warga nagari Cupak itu, Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo seperti dimuat Hariansinggalang memastikan tidak ada korban jiwa. Sementara kerugian akibat kebakaran ini belum bisa dipastikan karena petugas masih mengumpulkan data.

“Tidak ada korban jiwa, untuk kerugian materil belum bisa diperkirakan,” terang Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo, Rabu (4/1/2023).

Disampaikan Kapolres Solok, tiga unit Rumah Gadang yang terbakar merupakan milik Faisal/Sari Refnal (40), kemudian rumah Dasman/Tim Rostini (57) serta Rumah Gadang milik Dasril/Kosra Helminswita (52).

Sementara, tiga rumah semi permanen adalah milik Faisal/Sari Refnal (40), rumah Elida Suriyenti (46) serta rumah milik Dasril/Kosra Helminswita (52).

Dari keterangan saksi kepada petugas, api pertama kali terlihat berasal dari Rumah Gadang milik Faisal/Sari Refnal. Kondisi rumah yang terbuat dari kayu membuat api cepat membesar.

Kondisi rumah yang berdekatan membuat kebakaran yang terjadi sekitar
pukul 10.20 Wib, cepat menjalar ke rumah lainnya. Tidak lama berselang, sekitar 8 unit mobil damkar dari Solok, Kota Solok, Tanah Datar dan Padang Panjang diturunkan untuk membantu pemadaman api.

Akibat sulitnya akses jalan menuju lokasi titik api, membuat proses pemadaman sedikit terkendala. Bersama warga, petugas baru berhasil memadamkan api sekitar pukul 01.00 Wib.

“Dari hasil penyelidikan sementara, petugas menduga kebakaran disebabkan akibat adanya korsleting listrik di salah satu Rumah Gadang yang terbakar, kemudian api merambat cepat ke lima rumah lainnya,” sebut Kapolres Solok.*