Kapan Pastinya Jalur Lembah Anai Beroperasi Lagi? Gubernur Sumbar Beri Penjelasan

Kapan Pastinya Jalur Lembah Anai Beroperasi Lagi? Gubernur Sumbar Beri Penjelasan

10 Juli 2024
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah tinjau perbaikan jalan sekitar lembah anai/Harianhaluan.id

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah tinjau perbaikan jalan sekitar lembah anai/Harianhaluan.id

RIAU1.COM - Pengoperasian jalan Lembah Anai dipastikan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi masih sesuai dengan perkiraan semula, yaitu tanggal 20-an Juli 2024 mendatang.

Pembukaan jalan akan dilakukan secara bertahap dengan penerapan aturan pembatasan kendaraan.

“Insya Allah pada tanggal 20-an nanti kita akan operasikan secara bertahap melewati Jalan Lembah Anai ini,” ujar Mahyeldi saat meninjau langsung perbaikan jalan di lokasi pekan ini yang dimuat Katasumbar.

Pembatasan kendaraan akan diberlakukan berdasarkan jenis dan muatan kendaraan untuk memastikan keamanan dan kelancaran lalu lintas.

“Nanti akan diumumkan, mana kendaraan yang boleh melewati, ini bertahap, nanti mana (jalan) yang akan buka tutup. Kita lihat bagaimana kemampuan jalannya, bagaimana penurunannya, ini kan banyak yang diperbaiki curam-curam, dan tinggi-tinggi. Jadi bagaimana jalan ini aman dilewati nantinya,” sebut Mahyeldi.

Lebih lanjut, Mahyeldi mengapresiasi kerja keras Balai Jalan yang tanpa henti melakukan perbaikan selama 24 jam.

“Balai Jalan pekerjaannya 24 jam, tiada henti, peralatan semuanya ini belum pernah saya lihat, dan dikerjakan disini. Disinilah kita lihat, Balai Jalan sangat serius dalam menyelesaikan dalam waktu cepat perbaikan jalan Lembah Anai ini,”sebut dia.

Saat ini, terdapat tiga titik yang menjadi fokus utama perbaikan di Jalan Lembah Anai.

Setelah Jalan Lembah Anai selesai, perbaikan akan dilanjutkan ke ruas Padang Luar-Malalak.

Mahyeldi juga kembali mengingatkan masyarakat untuk bersabar dan tidak memaksakan diri melewati Jalan Lembah Anai yang masih dalam proses perbaikan.

“Kita tahu banyak terhambat disana (jalan alternatif), namun masyarakat kita harapkan kesabarannya perlu ditingkatkan,”tukasnya.*