Harimau Masuk Kebun Karet Warga Sijunjung

Harimau Masuk Kebun Karet Warga Sijunjung

6 Oktober 2023
Harimau Sumatera/Net

Harimau Sumatera/Net

RIAU1.COM - Dilaporkan seekor harimau sumatera masuk kebun karet di Jorong Bukit, Nagari Solok Ambah, Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat (Sumbar).

Harimau ini sempat dipotret warga dari jarak 12 meter. Beruntung, harimau tidak menyerang warga tersebut.

Peristiwa mencekam ini terjadi pada Senin 2 Oktober 2023, sekitar pukul 10.38 WIB.

Berdasarkan penjelasan PLH Kepala Balai BKSDA Sumbar, Eka Damayanti , warga yang memotret harimau itu dengan kamera HP adalah Afrida Anis (50).

Saat itu Afrida diketahui sedang bekerja di kebun karetnya. Tanpa sengaja, dia bertemu harimau.

Secara reflek, Afrida memotret harimau meski ketakutan. Foto ini kemudian viral.

“BKSDA Sumbar menurunkan tim WRU Seksi Konservasi Wilayah 3 untuk melakukan tindakan pengamanan sesuai SOP,” jelas Eka, Kamis 5 Oktober 2023 yang dimuat Katasumbar.

Hingga malam hari pasca kejadian, tim melakukan pemantauan, edukasi dan supervisi kepada warga setempat melalui HP Android.

Keesokan harinya, Selasa 3 Oktober 2023, Tim WRU bersama perangkat Nagari, tiga orang kepala Jorong, pihak sekolah SD, Tomas, serta warga masyarakat Solok Ambah melakukan identifikasi, verifikasi, edukasi, dan sosialisasi terkait dengan kejadian penampakan harimau di ladang karet

“Dalam lima hari ke depan, Tim WRU akan merencanakan serangkaian kegiatan untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa baik dari manusia, ternak warga serta menghindari perburuan terhadap HS yang merupakan satwa dilindungi,” papar Eka.

“Tim hadir juga untuk melakukan pendampingan terhadap warga dalam mengurangi rasa takut warga dalam beraktifitas yang dapat mengakibatkan terhentinya kegiatan sosial ekonomi warga, terutama yang mengakses ladang atau kebun dan sawah,” sambungnya.*