Gunung Marapi 6 Kali Erupsi dalam Sehari

Gunung Marapi 6 Kali Erupsi dalam Sehari

7 Juni 2024
Erupsi Gunung Marapi/Kompas.tv

Erupsi Gunung Marapi/Kompas.tv

RIAU1.COM - Dalam 24 jam terakhir, Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam Sumatera Barat (Sumbar) mengalami 6 kali erupsi.

Seperti yang dimuat Katasumbar yang menelusuri laman Magma Indonesia milik Kementerian ESDM, erupsi terbaru terjadi pada pukul 6 pagi WIB, Jumat (7/6).

Dilaporkan oleh Ahmad Rifandi, pada Jumat pagi, erupsi mengeluarkan asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang.

Adapun asap vulkanik ini memiliki tinggi sekitar 300 meter dari puncak. Cuaca berawan hingga mendung, angin lemah ke arah Barat.

Sedangkan pada malam sebelumnya, erupsi juga terjadi dengan ketinggian asap yang sama yang mengarah ke Utara, Selatan, Barat Daya dan Barat Laut.

Erupsi pada pukul 00:00 tersebut sejatinya merupakan rangkaian erupsi yang terjadi sejak pukul 18:00 Kamis (6/6), namun pada periode ini ketinggian asap dan abu vulkanik tidak teramati.

Hal yang sama juga terjadi pada periode pukul 12:00 hingga 18:00, pada periode tersebut ketinggian asap juga tidak teramati.

Sementara itu pada pagi hingga siang hari Kamis (6/6), Gunung Marapi tercatat mengalami erupsi 2 kali.

Pada 2 erupsi itu, Marapi mengeluarkan asap vulkanik hingga ketinggian 300 meter dari puncak.*