Data Terbaru, Jumlah Masjid dan Musala di Sumbar Capai 19.049

Data Terbaru, Jumlah Masjid dan Musala di Sumbar Capai 19.049

8 September 2024
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah

RIAU1.COM - Masyarakat diajak Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah untuk senantiasa memakmurkan masjid. Jangan sampai masjid di Sumbar hanya megah secara fisik tapi tidak makmur secara fungsi.

Seperti itu disampaikan gubernur Mahyeldi saat meresmikan Masjid Al Ikhlas di Jorong Sopang, Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (7/9/2024) yang dimuat Padangkita.com.

Mahyeldi mengatakan saat ini jumlah masjid dan musala di Sumbar mencapai 19.049 unit. Menurutnya, jumlah itu akan terus bertambah seiring dengan besarnya keinginan masyarakat untuk menghadirkan masjid yang reprsentatif di lingkungannya masing-masing.

Namun, kata Mahyeldi, bukan berarti kondisi itu tidak memiliki tantangan. Yakni, bagaimana membuat setiap masjid selalu ramai dan menjadi pusat kegiatan positif masyarakat.

"Sekarang pertumbuhan jumlah masjid kita di Sumbar cukup tinggi. Mestinya itu tidak hanya pada fisiknya, tapi juga pada jumlah jemaah dan aktivitas di dalamnya. Bagaimana meramaikannya, itulah tantangan kita saat ini yang mesti kita pikirkan bersama,"sebut dia.

Ia mengungkapkan, keberadaan masjid di Sumbar memiliki fungsi strategis, pertama sebagai sarana beribadah, kedua bisa digunakan sebagai pusat kegiatan positif masyarakat.

Menurut Mahyeldi, jika semua telah betul-betul berpegang teguh kepada agama, semestinya, semua masjid di Sumbar akan makmur secara fungsi dan aktivitas, tidak ada lagi yang sepi.

"Sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi falsafah ‘adat basandi syarak-syarak basandi kitabullah (ABS-SBK), semestinya meramaikan masjid itu tidak sulit, tapi ternyata masih kita temui aktivitas masjid yang sepi jemaah," ujar Mahyeldi lagi.*