Berikut Kabupaten Kota di Sumbar Peraih Adipura 2023

Berikut Kabupaten Kota di Sumbar Peraih Adipura 2023

3 Maret 2023
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya

RIAU1.COM - Sebanyak 150 penghargaan Adipura dianugerahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Penghargaan ini diberikan kepada para kepala daerah pada Selasa 28 Februari 2023 lalu.

Dilansir dari situs Kementerian LHK, Kamis 2 Maret 2023 oleh Katasumbar, pelaksanaan program ini dilaksanakan terhadap 258 kabupaten/kota Indonesia atau 50,2 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Sebanyak lima di antaranya meraih Adipura Kencana atau penghargaan tertinggi.

Kemudian sebanyak 80 kabupaten/kota berhasil mendapatkan Anugerah Adipura dan 61 lainnya memperoleh penghargaan sertifikat Adipura dan empat lainnya menerima penghargaan plakat yang merujuk pada lokasi tematik pengelolaan sampah terbaik.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, melalui Adipura ini akan tercipta kota-kota yang teduh dan berkelanjutan melalui penyediaan ruang terbuka hijau publik yang posisinya sangat penting untuk menjamin keseimbangan ekosistem kota, keseimbangan sistem hidrologi, maupun sistem ekologis lainnya, yang dapat menciptakan kota yang sehat, nyaman, meningkatkan ketersediaan air dan udara bersih, serta dapat meningkatkan estetika kota.

Program Adipura telah mengalami moratorium selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19, namun masih menjadi instrumen pengawasan kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota yang kuat dalam membangun pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau perkotaan yang bersih, teduh, dan berkelanjutan.

Pada program Adipura 2022, pengklasifikasian kabupaten/kota dilakukan berdasarkan pada dokumen KebijakaLn Strategis Daerah (Jakstrada), kapasitas terpasang sistem pengelolaan sampah dengan basis sistem teruji dan data yang akurat terverifikasi melalui Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), Operasional TPA, dan Ruang Terbuka Hijau.

Dari 150 kabupaten/kota tersebut terdapat beberapa daerah di Sumbar yang mendapatkan anugerah ini.

Berikut Daftar Penerima Penghargaan di Sumbar 

Anugerah Adipura
– Lubuk Basung
– Batu Sangkar
– Solok
– Painan
– Padang Panjang
– Lubuk Basung
– Kota Sawahlunto

Sertifikat Adipura
– Kota Payakumbuh
– Kota Padang