Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Padang Raih Penghargaan

Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Padang Raih Penghargaan

13 November 2023
Kepala daerah penerima penghargaan karena berhasil turunkan angka kemiskinan

Kepala daerah penerima penghargaan karena berhasil turunkan angka kemiskinan

RIAU1.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Padang mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat, karena menurunkan angka kemiskinan ekstrem.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin kepada Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar.

“Tentunya kita bersyukur atas penghargaan ini, kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat,” ujarnya seperti yang dimuat Katasumbar.

Selain mendapat penghargaan. Kota Padang juga ketiban dana insentif fiskal sebesar Rp5,3 Miliar dari pemerintah pusat, berkat capaian tersebut.

“Kita juga mendapat dana insentif fiskal. Penghargaan ini akan kami jadikan dorongan untuk membangun Kota Padang lebih baik lagi,” ujarnya.

Diketahui, menurut data, tren Kemiskinan Kota Padang dari tahun 2010 sampai dengan 2022 mengalami penurunan yang signifikan.

Sebelumnya di angka 6,31 persen pada tahun 2010, turun menjadi 4,26 persen di tahun 2022 atau telah mengeluarkan sebanyak 6.070 jiwa keluar dari garis kemiskinan.

“Program yang dilaksanakan mendukung program nasional untuk percepatan penghapusan kemiskinan melalui strategi rencana aksi, yaitu menurunkan beban pengeluaran, meningkatkan pendapatan, mengurangi kantong-kantong kemiskinan," papar dia.

“Serta monitoring dan evaluasi, yang disalurkan melalui OPD yang memiliki Program Penanggulangan Kemiskinan,” tukasnya.*