Pengunjung Rang Solok Baralek Gadang Capai 20 Ribu Orang

Pengunjung Rang Solok Baralek Gadang Capai 20 Ribu Orang

26 September 2022
Saat event Rang Solok Baralek Gadang 2022

Saat event Rang Solok Baralek Gadang 2022

RIAU1.COM - Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) di hamparan sawah Kota Solok, Ahad (25/9/2022) ditutup Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah. Event tersebut telah berlangsung sejak Kamis (22/9/2022) lalu.

Menurut Ketua Panitia RSBG, Jefrizal mengklaim alek yang telah menjadi salah satu unggulan dalam Kharisma EventNusantara (KEN) 2022, berhasil mendatangkan pengunjung sedikitnya 20 ribu orang dengan putaran uang miliaran rupiah.

Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya sebelum menutup RSBG seperti dimuat Padangkita berharap, acara yang sama tahun depan bisa lebih meriah dengan putaran ekonomi yang lebih besar pula.

“Kalau tahun ini putaran uangnya Rp5 miliar, tahun depan harus bisa Rp50 miliar,” harap Mahyeldi. Kuncinya, tambah orang nomor satu di Sumbar tersebut, adalah keharmonisan dan kekompakan seluruh unsur pimpinan di Kota Solok.

“Jika para pemimpin di Kota Solok kompak, dan sinergi, maka yakinlah akan menghadirkan banyak kebaikan bagi masyarakat Kota Solok,” lanjut Mahyeldi.

Apalagi, lanjut Mahyeldi, mulai 1 Oktober mendatang, penerbangan internasional akan kembali dibuka dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Sehingga daerah diimbau mempersiapkan diri membenahi destinasi wisata masing-masing, karena akan banyak wisatawan mancanegara, khususnya dari Malaysia yang sudah rindu ingin ke Sumbar.

“Ini momen bagi kita meningkatkan kunjungan wisata ke Sumbar,” ujar Mahyeldi.

Sebelumnya, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar menyebut, selama empat hari perhelatan RSBG, tidak hanya masyarakat lokal yang hadir ke Solok, melainkan juga para perantau, bahkan ada yang dari Swedia dan Singapura.

Sesuai dengan harapan gubernur, Zul Elfian juga mengatakan akan terus menjalin keharmonisan, kekompakan dan sinergitas dengan berbagai unsur pimpinan dan lapisan masyarakat.

“Kekuatan Kota Solok tidak ada yang lain selain kebersamaan. Insya Allah kami akan selalu berupaya menjalin kekuatan itu dan menghadirkan kebaikan bagi masyarakat Kota Solok,” kata Zul Efian.

Dalam event RSBG, beragam kegiatan seni tradisi, permainan anak nagari, bazar hingga festival layang-layang internasional ditampilkan.*