Sudah Berlangsung Sejak Tahun 2016, Ternyata Reklamasi di Danau Singkarak Ilegal

Sudah Berlangsung Sejak Tahun 2016, Ternyata Reklamasi di Danau Singkarak Ilegal

26 Januari 2022
Kawasan Danau Singkarak/Net

Kawasan Danau Singkarak/Net

RIAU1.COM - Kegiatan reklamasi di Danau Singkarak dipastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) tidak berizin.

“Pemprov Sumbar tidak ada memberi izin,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri seperti dimuat Padangkita, Selasa (25/1).

Kegiatan reklamasi di Danau Singkarak, sebut dia, itu sudah berlangsung sejak 2016. Pemprov Sumbar juga sudah menyurati kepala daerah setempat untuk menghentikan kegiatan itu.

“Kita minta kegiatan reklamasi itu untuk dihentikan,” jelasnya.

Sebagai informasi, kegiatan reklamasi di Danau Singkarak itu sudah disorot oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena beresiko merugikan keuangan negara.

Resiko kerugian keuangan negara itu disebabkan karena pengelolaan Danau Singkarak tidak tercatat dan diadministrasikan dengan tertib.

Juru Bicara KPK, Ipi Mariyanti, mengatakan, Danau Singkarak merupakan salah satu danau yang masuk dalam daftar Danau Prioritas Nasional sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2021.

Dalam Perpres tersebut diatur tentang upaya penyelamatan Danau Prioritas Nasional untuk mengendalikan kerusakan serta memulihkan kondisi dan fungsi badan air danau, daerah tangkapan air, dan sempadan danau sehingga bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

“KPK melalui tugas dan fungsi koordinasi-supervisi menaruh perhatian dalam upaya pemulihan dan penyelamatan kekayaan negara untuk mencegah terjadinya kerugian keuangan negara sebagai salah satu bentuk korupsi,” ujarnya.*