Rumah Warga Tanah Datar yang Ada Penghafal Alquran akan Dipasang Stiker, Ini Penjelasannya

13 Desember 2021
 Bupati Tanah Datar, Eka Putra

Bupati Tanah Datar, Eka Putra

RIAU1.COM - Pemasangan stiker akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar pada rumah warga yang sudah ada hafiz/hafizah Al-Qur’an.

“Dengan stiker, pemerintah daerah dan instansi terkait semakin mudah mendata kemajuan program ini ke depan, di samping bisa menjadi motivasi masyarakat lainnya," kata Bupati Tanah Datar, Eka Putra, Ahad 12 Desember 2021 seperti dimuat Padangkita.com. 

Bahkan tidak itu saja, ia menambahkan, para penghafal Al-Qur’an juga akan diberikan reward atau penghargaan lainnya oleh Pemerintah Daerah.

“Meski program ini tidak dirasakan manfaatnya saat ini juga, namun setidaknya 15 sampai 30 tahun mendatang Tanah Datar dipenuhi penghafal Al-Qur’an, sehingga Kabupaten Madani yang kita cita-citakan dapat tercapai,” ujarnya.

Diketahui, semenjak kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi 2015-2020, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bertekad menjadi Kabupaten Tahfiz.

Pencapaian tekad dilakukan dengan mendorong hadirnya Rumah Tahfizh (RT) atau Pondok Tahfiz (PT) sebagai sarana pembelajaran untuk hafal Al-Qur’an.

“Tahun 2016, hanya 6 RT di Tanah Datar, berselang 5 tahun, terdata di Bagian Kesra sampai Agustus 2021 sudah ada 237 RT. Tanah Datar rutin melakukan Waqaf 1000 Hafiz/hafizah dan tahun ini sudah untuk ke enam kalinya,” sebut dia.*