Pulau Panangalat di Mentawai Dijual Secara Online

10 Februari 2021
Pulau Panangalat di Mentawai Dijual Secara Online/Langgam

Pulau Panangalat di Mentawai Dijual Secara Online/Langgam

RIAU1.COM -Penjualan pulau di Indonesia secara online kembali terjadi, kali ini sebuah pulau di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar). Pulau tersebut bernama Pulau Panangalat (A-Frames Island). Penawaran dijualnya pulau yang berlokasi sekitar 25 kilometer sebelah utara Tuapejat itu ditampilkan dalam situs https://www.privateislandsonline.com/, seperti dilansir Langgam.id.

Dalam diskripsi penawaran di situs, Pulau Pananggalat salah satu pulau paling cantik untuk olahraga surfing di dunia. Dan juga menjadi rumah bagi hampir seluruh peselancar terkenal di dunia. Situs itu juga menuliskan bahwa jarak tempuh menuju pulau dengan mengendarai kapal cepat membutuhkan waktu 25 menit. Pulau itu bersebelahan dengan Pulau Karangmajat yang terdapat resort dan Villa Kandui.

Informasi dalam situs tersebut juga menuliskan bahwa pulau memiliki luas 4.30 hektare. Kemudian, pulau juga memiliki pantai yang indah dan terletak di samudera lepas.

Menanggapi kabar dijualnya pulau tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Mentawai Joni Anwar mengaku belum mengetahui. Pihaknya sedang menelusuri kebenaran dan situs yang melakukan penawaran penjualan.
“Saya lagi mencari yang punya pulau ini siapa, yang menjual siapa, menjual ke siapa. Ini saya lagi mencari ini,” kata Joni dihubungi langgam.id, Selasa (9/2/2021).

Dia mengatakan penjualan pulau ini disinyalir dilakukan oleh perusahaan. Namun ditegaskannya, penjualan pulau jika dilakukan kepada warga negara asing tidak diperbolehkan. “Ke orang asing tidak boleh pasti. Status pulau saya tidak tahu, belum saya telusuri. Pulau itu memang ada di Mentawai. Saya telusuri,” tegasnya.