TNI Bantu Warga yang Rumahnya Terendam Banjir Akibat Luapan Sungai di Pesisir Selatan

TNI Bantu Warga yang Rumahnya Terendam Banjir Akibat Luapan Sungai di Pesisir Selatan

24 September 2020
TNI Bantu Warga yang Rumahnya Terendam Banjir Akibat Luapan Sungai di Pesisir Selatan/Langgam

TNI Bantu Warga yang Rumahnya Terendam Banjir Akibat Luapan Sungai di Pesisir Selatan/Langgam

RIAU1.COM -PESISIR SELATAN- Sungai di Nagari Koto Ranah, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara meluap. Air masuk ke rumah warga yang berada di pinggir sungai. Ini diakibatkan oleh Hujan deras yang menyirami wilayah Kabupaten Pesisir Selatan pada Rabu (23/9/2020).

Rumah milik Raflis (62), warga setempat, yang tak jauh dari sungai ikut terkena. Air meluap masuk ke dalam dapur rumah hingga menghanyutkan berbagai perabotan rumahnya. Prajurit TNI yang sedang mengikuti program TNI Membangun Masuk Desa (TMMD) di sana langsung membantunya.

Serda Depi Satria yang memimpin anggota satgas TMMD ke-109 di lapangan saat itu membantu warga tersebut mengumpulkan perabotan yang hanyut dan mencegah air lebih besar masuk. Serda Depi mengatakan, melihat air yang begitu deras sudah memasuki rumah warga, para anggota TNI langsung membantu.

” Sebagai seorang prajurit tentu membantu kesulitan rakyat yang berada di sekitar,” katanya, sebagaimana dilansir Penerangan Kodim 0311/Pessel.

Menurutnya, tujuan TMMD di masyarakat bukan saja mengerjakan sasaran fisik yang sudah ditargetkan, tetapi juga membantu berbagai kesulitan masyarakat. “Kemanunggalan TNI dan rakyat juga tidak kalah pentingnya dalam kegiatan TMMD ini,contohnya seperti yang kami lakukan sekarang ini,” ujarnya.

Raflis berterima kasih atas bantuan para anggota Satgas TMMD Ke-109 yang ada dikampungnya itu. “Terima kasih kami ucapkan kepada bapak-bapak tentara yang sudah membantu kami dalam mengevakuasi barang-barang kami hingga bisa diselamatkan, kami bangga dengan TNI, ” katanya.
 
Sementara, dalam pengerjaan pembukaan jalan, warga bergotong royong membantu TNI. Pengerjaan ini berlangsung di Kampung Pancung Taba -Kampung Dilan – Kampung Limau Limau, Nagari Pancung Taba dan Nagari Limau Gadang, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara.

“Kebersamaan masyarakat dalam membantu Satgas TMMD, dalam proses pengerjaan pelebaran jalan sangat diharapkan,” kata Pasiter Kodim 0311/Pessel, Kapten Inf Rudi Saragih, sebagaimana dirilis situs resmi Korem 032 Wirabraja.

Pasiter mengatakan, keikutsertaan masyarakat dalam membantu Satgas TMMD ke-109, sangat membantu, sehingga pekerjaan di lapangan bisa lancar dan tidak ada hambatan. “Kita berharap kebersamaan dan semangat gotong-royong tetap terjaga dan dipertahankan sehingga pekerjaan ini bisa cepat selesai dengan waktu yang sudah ditentukan dan hasil bisa maksimal,” ujarnya. (Langgam.id)