Poros Baru Pilgub Sumbar Kandas, 3 Pasangan menuju Sumbar 1 setelah Mulyadi-Ali Muhkni dapat Tambahan Dukungan PDI-P dan Nasdem

Poros Baru Pilgub Sumbar Kandas, 3 Pasangan menuju Sumbar 1 setelah Mulyadi-Ali Muhkni dapat Tambahan Dukungan PDI-P dan Nasdem

9 Agustus 2020
pilkada serentak/net

pilkada serentak/net

RIAU1.COM -PADANG- Pemilihan Gubernur Sumatera Barat pada Pilkada 2020, hampir dipastikan diikuti oleh tiga pasangan bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur. Hal ini berdasarkan dukungan yang diperoleh oleh ketiga pasangan yang sudah mendeklarasikan diri.

Tiga pasangan tersebut adalah Nasrul Abid- Indra Catri yang didukung Partai Gerindra pemilik 14 kursi DPRD Sumbar, kemudian Mahyledi-Audy Jonaldi yang didukung PKS dan PPP pemilik 14 kursi DPRD, dan terakhir Mulyadi-Ali Mkhni yang didukung Demokrat_PAN pemilik 20 kursi DPRD.

Kabar terbaru pasang Mulyadi dan Ali Mukhni mendapat tambahan dukungan dari PDI-P (3 kursi) dan Nasdem (3 kursi).  Dengan dukungan 4 partai tersebut kekuatan pasangan ini berdasarkan kursi DPRD Sumbar sebanyak 26 kursi atau 40 persen dari 65 kursi DPRD Sumbar.

Sehingga kursi DPRD yang belum memberikan dukungan terhadap pasangan calon tingal Partai Golkar 8 kursi dan PKB 3 kursi, total 11 kursi tidak dapat membuat perahu untuk pasangan calon, karena minimal perahu harus berisikan 13 kursi DPRD. Sehingga poros baru yang dibentuk Golkar, Nasdem dan PKB sebelumnya terkesan sia-sia, walau banyak tokoh yang sudah mendaftar seperti Faldo Maldini, mantan Kapolda Sumbar Fakhrizal-Genius Umar dan lainya.

Seperti dilansir jernih news kabar tentang dukungan PDIP dan Partai Nasdem kepada pasangan Mulyadi-Ali Mukhni disampaikan langsung oleh Ali Mukhni, Minggu (09/08/2020). "Alhamdulillah Pak Mulyadi menerima langsung SK dukungan dari Sekjen PDI-P, Bapak Hasto Kristiyanto. Sedangkan dukungan dari Partai Nasdem langsung saya yang menerima kemarin dari Sekjen Partai Nasdem, Bapak Johnny G Plate," kata Ali Mukhni yang pagi tadi masih berada di Jakarta.

Sedangkan pasangan Cagub-Cawagub Sumbar dari jalur perseorangan Fakhrizal-Genus Umar masih berjibaku menghadapi verifikasi faktual KPU. Berkemungkinan untuk lolos verifikasi faktual masih berat. Karena itu, sudah cukup santer pasangan ini mencari jalur alternatif dari parpol, yang komposisi kursi yang tersedia berdasarkan perkembangan terakhir juga hanya tinggal 11 kursi lagi. 

Dengan perkembangan peta politik terbaru ini, maka jumlah pasangan cagub-cawagub yang akan bertarung di Pilkada Sumbar 9 Desember 2020 hanya 3 pasangan kandidat, yakni Mulyadi-Ali Mukhni, Mahyeldi-Audy Joinaldi dan Nasrul Abit-Indra Catri. Sedangkan dinamika kekuatan baru atau alternatif dengan sendirinya menjadi kandas. (*)