11 Warga Tanah Datar yang Kontak dengan ASN Positif Corona, Dinyatakan Negatif

11 Warga Tanah Datar yang Kontak dengan ASN Positif Corona, Dinyatakan Negatif

13 Juli 2020
corona ilustrasi

corona ilustrasi

RIAU1.COM -BATUSANGKAR- Kontak dengan pasien positif corona asal Kabupaten 50 Kota, 11 warga Kabupateh Tanah Datar dinyatakan negatif. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Tanah Datar Roza Mardiah, Minggu (12/07/20).

“Sebanyak 11 orang kontak erat dengan ASN Tanah Datar yang berdomisili di Kabupaten Lima Puluh Kota sudah keluar hasilnya dari Laboratorium Unand dan Alhamdulillah hasilnya semua negatif,” kata Roza, sebagaimana dirilis Humas Pemkab Tanah Datar.

Selain itu tambah Roza, sebanyak 1.323 sampel swab warga Tanah Datar yang dikirimkan ke laboratorium Unand juga dinyatakan negatif Covid-19. Masih ada 355 sampel swab dari 1.678 sampel berikutnya. Seperti yang disampaikan sebelumnya, terang Roza, Dinkes Tanah Datar bekerjama dengan Unand melakukan pool test Covid-19 untuk Tanah Datar.

Tujuan hal itu, menurutnya, untuk mengindetifikasi insiden Covid-19 dan mengidentifikasi individu yang terinfeksi untuk menjadi dasar dilakukan tracing.

“Metodenya pemeriksaan kelompok berdasarkan populasi penduduk dengan kriteria sampel bersedia untuk diikutkan dalam survey, usia di atas 40 tahun dan banyak beraktifitas di luar rumah,” ujar Roza.

Loading...

Dari data yang dikirimkan, ucap Roza, formulasi yang diolah Unand diperoleh angka 1.678 sampel masyarakat Tanah Datar untuk dilakukan pool test.

“Harus diingat, virus Corona masih ada di sekitar kita, namun tidak perlu takut, yang terpenting tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan dan menjaga imun tubuh dengan sehingga sama-sama saling melindungi dari tertular virus Corona,” tuturnya.

Sementara data rekapan hari ini, kasus positif tetap 14 orang di mana 10 orang sudah sembuh dan negatif Covid-19, 3 orang isolasi mandiri dan 1 orang meninggal, ODP 9 orang, PDP 1 orang dan notifikasi 193 orang.(Langgam.id)