Seorang Perawat di Padang Positif Corona, Tingkat Kesembuhan Capai 82 Persen di Sumbar

Seorang Perawat di Padang Positif Corona, Tingkat Kesembuhan Capai 82 Persen di Sumbar

4 Juli 2020
ilustrasi perawat/net

ilustrasi perawat/net

RIAU1.COM -PADANG-Warga Sumatra Barat (Sumbar) yang dinyatakan sembuh sudah mencapai 624 dari 762 terkonfirmasi positif virus corona atau covid-19, setelah ada penambahan dua kasus pada Sabtu (4/7). Dengan demikian tingkat kesembuhan sudah mencapai 82 persen.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar Jasman Rizal mengatakan data penambahan berdasarkan laporan tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso.


“Bahwa ada 2.119 sample dari berbagai rumah sakit Kabupaten dan Kota se Sumbar yaitu sebanyak 2.107 diperiksa di Lab Unand dan 12 sample di Baso Agam,  terkonfirmasi sample positif sebanyak 2
orang,”katanya.

Satu pasien berasal dari Kota Padang yaitu seorang wanita 28 tahun. Ia merupakan seorang tenaga kesehatan yang terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Saat ini dilakukan penanganan dirawat di RST Dr. Reksodiwiryo.

Sedangkan satu lagi berasal dari Kota Padang Panjang yaitu seorang pria 38 tahun. Pekerjaannya sebagai pedagang dan terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Sekarang dilakukan penanganan dirawat di RSUD Padang Panjang.

Sebelumnya pada Sabtu pagi dilaporkan juga seorang mahasiswa kesehatan asal Medan, Sumatra Utara posotif covid-19 sampai di Padang. Namun ia tidak masuk dalam daftar covid-19 Sumbar, tetapi masuk data Sumatra Utara.

“Dia tidak masuk dalam pasien Sumbar, tetapi masuk dalam data Sumatra Utara, kita juga telah melakukan koordinasi dengan pihak sana,” katanya.

Mahasiswa tersebut tetap mendapatkan perawatan di Padang. Diketahui orang tuanya di Medan juga pasien covid-19.

 
Selain penambahan positif, pasien sembuh juga bertambah sebanyak 2 orang, sehingga total sembuh menjadi 624 orang.

Pasien sembuh yaitu seorang pria 29 tahun warga Kabupaten Padang Pariaman. Sebelumnya merupakan pasien yang dikarantina di BPSDM.

Sedangkan seorang lagi merupakan remaja pria 14 tahun warga Kota Padang. Ia masih berstatus pelajar dan terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Ia merupakan pasien Semen Padang Hospital (SPH).

Sampai saat ini total 762 orang yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumbar dengan rincian dirawat di berbagai rumah sakit 51 orang, isolasi diberbagai fasilitas 56 orang, meninggal dunia 31 orang, sembuh 624 orang.(Langgam.id)