Ketika Ulama dan Sastrawan Buya Hamka Pernah Ditipu

Ketika Ulama dan Sastrawan Buya Hamka Pernah Ditipu

18 Juni 2020
Ilustrasi Buya Hamka (foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi Buya Hamka (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Ulama sekaligus sastrawan Indonesia, Abdul Malik Karim Amrullah gelar Datuk Indomo atau yang akrab disapa Hamka pernah ditipu seseorang saat menempuh perjalanan di Sumatera Barat.

Uangnya sebesar Rp.100, perbekalan berupa beberapa liter beras dan buah tangan khas perkampungan ludes dilarikan sang penipu dinukil dari historia.id, Kamis, 18 Juni 2020.

Ceritanya ketika dia dan rombongan menempuh perjalanan dari Suliki, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, menuju Maninjau. Mereka disambut sekaligus diberikan buah tangan berupa beras dan lainnya karena mendengar nama Hamka yang tersohor.

Buah tangan ini rupanya menambah beban rombongan karena menempuh perjalanan dengan cara berjalan kaki.

Ketika sedang duduk termenung, seorang pria yang tidak dikenal bernama Damir datang menawarkan bantuan membawakan beban yang dibawa Hamka.

Damir inilah yang merupakan aktor utama hilangnya uang Hamka dan seluruh perbekalan yang dititipkan padanya. Untuk uang Rp.100 dia sengaja memesan makanan dalam jumlah yang amat banyak untuk dihabiskannya.

Sementara perbekalan yang dibawa Hamka dilarikannya setelah rombongan tak berapa lama hampir tiba di tujuan.

Damir yang berpura-pura sakit perut usai menyantap makanan hilang entah kemana sambil membawa perbekalan yang rencananya untuk dibagi-bagikan.