Pemprov Sumbar Siapkan Rp145 miliar untuk Penuhi Kebutuhan Pokok Masyarakat Terdampak Pandemi Corona

Pemprov Sumbar Siapkan Rp145 miliar untuk Penuhi Kebutuhan Pokok Masyarakat Terdampak Pandemi Corona

4 April 2020
Wagub Sumbar, Nasrul Abit

Wagub Sumbar, Nasrul Abit

RIAU1.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit menyatakan, Pemprov Sumbar menganggarkan dana sekitar Rp145 miliar untuk membantu masyarakat yang secara ekonomi terdampak akibat penyebaran virus corona.

Bantuan senilai Rp145 miliar tersebut akan dibagikan dalam bentuk paket kebutuhan pokok, seperti beras, sarden, telur, mie instan dan lain-lain. Warga Sumbar yang akan menerima bantuan ini diperkirakan sebanyak 359.910 jiwa.

"Dari provinsi, kami menganggarkan segitu (Rp145 miliar). Nanti pemkab dan pemko masing-masing juga akan menyalurkan bantuan," ujar Nasrul, Sabtu 4 April 2020.

Nasrul Abit menjelaskan, masyarakat Sumbar yang akan mendapat bantuan ini merujuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kabupaten dan kota.

Masyarakat ini di antaranya berprofesi sebagai tukang ojek, pedagang kaki lima, industri kecil menengah dan lain-lain. Pembagian bantuan ini nanti akan disalurkan oleh pemkab dan pemko masing-masing.

"Selain itu, Pemprov Sumbar juga menyiapkan 3.700 ton beras untuk mensubsidi beras di kabupaten dan kota," katanya.

Ia menuturkan, Pemprov Sumbar sudah menginstruksikan masing-masing pemkab dan pemko untuk membagikan 100 ton beras bantuan kepada masyarakat.

"Kapan dimulainya? seharusnya sudah dilakukan sekarang. Bantuan diberikan untuk 3 bulan ke depan. Masing-masing kabupaten dan kota juga sudah harus menyiapkan bantuannya selain dari provinsi," tukasnya.

 


Sumber: Republika