Ratusan Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan Daerah PKH Siak Dilepas Bupati

Ratusan Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan Daerah PKH Siak Dilepas Bupati

13 Agustus 2024
Mahasiswa penerima beasiswa Pemkab Siak

Mahasiswa penerima beasiswa Pemkab Siak

RIAU1.COM - Melalui program satu rumah keluarga Program Keluarga Harapan (PKH) satu sarjana, awal tahun 2024 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak sudah mengirimkan 250 orang anak-anak PKH untuk kuliah ke sejumlah perguruan tinggi kerja sama Pemkab Siak, baik dalam maupun luar Provinsi Riau.

Bupati Siak Alfedri, Ahad (11/8) kemarin kembali melepas 253 orang mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan Daerah Program Keluarga Harapan (PKH) yang terdata dalam DTKS Kabupaten Siak tahun 2024.

Bupati Siak Alfedri mengatakan pembangunan SDM generasi indonesia emas 2045 merupakan investasi jangka panjang yang dilakukan pemerintah agar SDM Indonesia mampu bersaing dengan penduduk negara-negara maju di dunia.

Menurut Alfedri, Pemkab Siak punya cara tersendiri menyiapkan generasi emas sebagaimana cita-cita nasional tahun 2045 mendatang, dengan memiliki SDM tangguh dan berkualitas.

"Dengan program satu keluarga satu sarjana, ini merupakan langkah awal kita dalam mempersiapkan generasi emas Kabupaten Siak,” kata Alfedri Senin, (12/8/2024).

Pemerintah daerah saat ini, sebut dia terus mendorong dan menciptakan program dan inovasi terbaik bagi generasi muda dan masyarakat secara menyeluruh. Salah satunya melalui program satu keluarga satu sarjana.

Ia, berkeinginan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Siak lebih unggul ke depan. Melalui beasiswa untuk anak-anak Siak yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

“Tantanggan kita kedepan semakin ketat, terutama persaingan dalam dunia kerja. Untuk menyongsong Indonesia Emas 2045 yang akan diisi oleh generasi emas, harus kita dipersiapkan SDM nya dari sekarang. Melalui program satu keluarga satu sarjana, langkah awal kita menyiapkan  generasi emas Kabupaten Siak,” papar dia.

Ia mengaku ingin anak-anak penerima beasiswa ini dapat mengikuti program pendidikan dan menyelesaikan kuliahnya dengan baik.

"Selamat menempuh pendidikan di bangku kuliah. Berangkat hari ini dan semoga pulang dengan gelar sarjananya, bisa membanggakan orang  tua, serta membantu meningkatkan ekonomi," harapnya.

253 orang anak PKH yang menerima beasiswa BeTUNAS akan dikuliahkan di perguruan tinggi. Kampus STAI Siak 25 orang, Program Studi di Luar Kampus Utama Politeknik Sriwijaya 45 orang, Institut Master 20 orang.

Universitas Lancang Kuning 26 orang, Politeknik Caltex Rumbai 20 orang, UIR 30 orang, BTP Batam 50 orang, Kampus IIQ Jakarta 3 orang, Universitas Tazkia Bogor 7 orang, Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya 26 orang dan UPI Bandung 1 orang.