Pjs Bupati Sebut Tata Kelola Pertanian di Siak Terus Dibenahi

16 Oktober 2024
Lahan Pertanian di Bungaraya Siak/Net

Lahan Pertanian di Bungaraya Siak/Net

RIAU1.COM - Temu ramah dan kunjungan kerja civitas akademi Universitas Islam Riau (UIR) bersama mitra di Kabupaten Siak, Rabu (16/10/2024) diterima 
Pjs Bupati Siak Indra Purnama.

"Kabupaten Siak ini merupakan kawasan yang memiliki potensi sebagai lumbung pangan. Oleh karena itu pemerintah kabupaten Siak terus berupaya melakukan tata kola pertanian padi di beberapa kecamatan, seperti kecamatan Sungai Mandau, kecamatan Sungai Apit, kecamatan Bunganya, kecamatan Sabak Auh guna mendukung ketersedian bahan pangan pangan di Provinsi Riau dan pulau Sumatera,"kata Indra Purnama.

Adapun luasan lahan pertanian padi ini sudah mencapai 7.919,9 hektar sawah dan memiliki hasil panen gabah sebesar 43.365,6 ton pertahun dengan masa tanam berkisar 3 periode tanam.

"Guna mendukung itu semua, pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan terus merespon permasalahan petani di setiap kawasan, seperti tersedianya irigasi air yang cukup dan terdistribusikan secara baik, dan saat ini kawasan pertanian sawah di Kecamatan Bungaraya sudah memiliki itu, dan tentu akan menjadi prioritas Pemkab dalam merealisasikan kebutuhan tersebut di beberapa kecamatan lainnya,"harap Indra Purnama.

Dalam rombongan Field Trip ini ada 6 mahasiswa Fakultas Pertanian yang mendapat beasiswa Program Keluarga Harapan (PKH) Pemerintah kabupaten Siak.

Selain itu pada rombongan Field Trip Universitas Islam Riau ini juga terdiri dari Wakil Rektor 1,2 dan 3, Dekan Fakultas Pertanian, Wakil Dekan 1,2 dan 3, ketua dan sekretaris Prodi Agrotek, Agribisnis, Budidaya Peraian, Agronomi, Ketua dan Sekretaris UPM Faperta, Perwakilan dari Brunai Darussalam, Malaysia dan ada juga perwakilan Institut Pertanian Bogor bersama mahasiswa S1 dan S2 Faperta Universitas Islam Riau.*