Pengamanan Pilkada, Kapolres Siak: Kita Miliki Pengalaman di Pilkades dan Pemilu

Pengamanan Pilkada, Kapolres Siak: Kita Miliki Pengalaman di Pilkades dan Pemilu

16 Agustus 2024
Rakor lintas sektoral pengamanan Pilkada 2024 di Siak

Rakor lintas sektoral pengamanan Pilkada 2024 di Siak

RIAU1.COM - Rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan Pilkada Bupati Wakil Bupati Siak tahun 2024 diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Siak, Arfan Usman.

Rapat tersebut, dipimpin Kapolres Siak AKBP Pol Asep Sujarwadi dan diikuti para Kapolsek, unsur pemerintah daerah, Satpol PP, Kesbangpol, Diskominfo, kecamatan, TNI dan pihak-pihak terkait lainnya.

Sekda Siak, Arfan Usman menyampaikan pentingnya koordinasi dan kerjasama lintas sektoral dalam menyukseskan Pilkada yang aman dan damai. 

"Keamanan dan ketertiban dalam Pilkada ini tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, sinergi dan koordinasi yang kuat antar seluruh elemen harus terus dijaga," ujar Arfan.

Sementara jitu Kapolres Siak, AKBP Asep Sujarwadi, mengatakan akan mengelar operasi pengamanan Pilkada ini diberi kode sandi Operasi Mantap raja Lancang Kuning 2024.

Sebut dia, Polres Siak selalu siap dalam hal pengamanan sesuai jadwal yang ditetapkan oleh KPU dan pihak terkait lainnya. 

“Kita pastikan seluruh tahapan Pilkada berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan KPU Siak. Kita sudah memiliki pengalaman pada Pilkades dan Pemilu 14 Februari 2024 lalu,"ujarnya.

"Alhamdulillah berjalan aman dan lancar tanpa adanya pelanggaran yang berarti," sambung Kapolres.

Lebih lanjut, Asep bilang tidak ada laporan pelanggaran pidana maupun pemilu yang masuk selama proses pemilu sebelumnya. 

“Ini menunjukkan sinergi yang baik antara penyelenggara pemilu, pengawas, pengamanan, serta pemerintah daerah,” tuturnya.*