Pemkab Siak Buka Tes CPNS, Ada Formasi 16 Tenaga Teknis

21 Agustus 2024
Ilustrasi/Okezone

Ilustrasi/Okezone

RIAU1.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak mengumumkan membuka 25 formasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024. Terdapat tiga formasi jabatan fungsional yang dibuka.

Pengumuman tersebut disiarkan melalui surat pengumuman yakni, Nomor: 800.1.2.2 BKPSDMD-ADMKEP/249. Adapun formasinya yaitu, untuk jabatan fungsional tenaga kesehatan dan jabatan fungsional tenaga teknis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak. 

"Formasi ASN tahun 2024 untuk Kabupaten Siak sebanyak 994 formasi. Jumlah ini sesuai dengan usulan kebutuhan yang disampaikan ke Menpan-RB. Terdiri dari 969 formasi PPPK dan 25 formasi CPNS,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Siak Zulfikri, Selasa (20/8).

Dijelaskan dia, bahwa dari 969 formasi PPPK tersebut, terdiri dari 100 formasi guru, 253 formasi tenaga kesehatan dan 616 formasi tenaga teknis. 
“Sementara 25 formasi CPNS, terdiri dari 9 formasi tenaga kesehatan dan 16 formasi tenaga teknis,” sebut Zulfikri.

Pengumuman penerimaan ini, sambung dia, khusus untuk penerimaan CPNS. Artinya Pemkab Siak membuka peluang dan kesempatan untuk 9 tenaga kesehatan dan 16 tenaga teknis. Sedangkan PPPK, disebutkan Zulfikri belum dibuka penerimaannya.

Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pendukung lainnya dilakukan secara online melalui laman http://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Kependudukan (KTP) Elektronik atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Pelamar dapat melakukan proses pembubuhan e-meterai pada laman https://sscasn.bkn.go.id atau https://meterai-elektronik.com. Tutorial pembelian dan pembubuhan e-meterai dapat dilihat pada laman https://www.youtube.com/watch?v=BiIEWpV6Ets.

Persyaratan umum, warga Negara Indonesia dengan batas usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar CPNS. Untuk usia paling tinggi 40 tahun pada saat melamar untuk jabatan dokter dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis.

"Untuk pengumuman seleksi, 19 Agustus sampai 2 September. Pendaftaran seleksi 20 Agustus sampai 6 September. Lalu, seleksi administrasi 20 Agustus sampai 13 September. Pengumuman hasil seleksi administrasi 14 sampai 17 September," tukasnya.*