Minta Pelebaran Jalan Nasional, Bupati Alfedri Datangi Bappenas

Minta Pelebaran Jalan Nasional, Bupati Alfedri Datangi Bappenas

23 Juli 2024
Bupati Siak, Alfedri di Bappenas RI

Bupati Siak, Alfedri di Bappenas RI

RIAU1.COM - Audiensi dilakukan Bupati Siak, Alfedri di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/BAPPENAS) RI awal pekan ini.

Audiensi ini dilakukan dalam rangka singkronisasi program pembangunan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Khususnya, program prioritas nasional di Kabupaten Siak serta untuk mempercepat pengembangan wilayah.

Kehadiran Alfedri beserta rombongan, disambut Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama BAPPENAS RI, Teni Widuriyanti. Tampak pula, Deputi Bidang Pengembangan Regional Tri Dewi Vigiyanti dan Direktur Regional I Abdul Malik Sadat Idris .

Alfedri menjelaskan, bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Siak telah memasuki tahap akhir penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Siak tahun 2025-2045. Program tersebut telah diselaraskan dengan RPJPD Provinsi Riau dan RPJP Nasional.

Pada kesempatan itu, Alfedri juga memaparkan beberapa program seperti infrastruktur, pertanian, pendidikan, kesehatan, perhubungan, serta pariwisata. Ia berharap, sejumlah program prioritas itu, mendapat dukungan dari APBN kedepannya.

"Kami mengusulkan adanya pelebaran dan peningkatan jalan yang statusnya merupakan jalan nasional yang melintas di Kabupaten Siak seperti di Kecamatan Lubuk Dalam,” sebut Alfedri.

Menurut Alfedri, saat ini kondisi jalan di Siak, arus lalu lintasnya terbilang sibuk dan melewati kawasan padat penduduk.

Alfedri juga berharap adanya dukungan dari Pemerintah Pusat terkait penataan kawasan heritage di Siak. Hal itu mengingat Siak yang terkenal dengan sejarahnya.

"Untuk peningkatan kapasitas dan kompetensi perencana di OPD Pemerintah Kabupaten Siak, kami berharap kedepannya ada pendampingan dari Bappenas melalui Bappeda Kabupaten Siak," tukasnya.*