Kampung di Mempura Siak Dapat Bantuan Alat Produksi Bahan Pangan

Kampung di Mempura Siak Dapat Bantuan Alat Produksi Bahan Pangan

5 September 2024
Penyerahan Bantuan Alat Produksi Bahan Pangan

Penyerahan Bantuan Alat Produksi Bahan Pangan

RIAU1.COM - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak berikan bantuan peralatan dan bahan-bahan lengkap untuk pengolahan produk pangan (olahan tepung) menjadi produk jadi kue berkualitas super premium.

Bantuan tersebut dikelola oleh kelompok masyarakat miskin ektrem yang ada di Kampung Benteng Hilir, Kampung Paluh dan Kelurahan Sungai Mempura.

Adapun melalui program koordinasi, sinkronisasi dan pelaksanaan pembangunan sumber daya industri telah melatih sebanyak 30 orang peserta, yang terdiri dari Kecamatan Mempura sebanyak 15 orang, dan Kecamatan Siak 15 orang, dan telah diberikan pelatihan khusus pengolahan produk pangan olahan tepung menjadi produk jadi.

Bupati Siak Alfedri serahkan perlengkapan peralatan dan bahan pangan produksi pembuatan kue, ada 16 item peralatan lengkap seperti oven gas, mixer, loyang, timbangan, mangkok besar dan kecil, dan ada 16 jenis bahan baku olahan tepung seperti tepung, bubuk coklat, gula pasir, keju batang, telur, selai dan susu bubuk.

Alfedri berharap dengan diberikannya bantuan ini bisa menjadi masyarakat produktif dalam mengolah bahan pangan olahan tepung ini menjadi produk jadi yang bisa mengerakan sektor industri yang menjadi penggerak ekonomi masyarakat melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Peradangan dan Perindustrian Siak, Alhaq Zulkarnaen mengatakan, program penguatan ini adalah bentuk komitmen Bupati Siak Alfedri menginisiasi melaksanakan program yang berkaitan dengan Indeks Pembangunan Manusia.*