Kabupaten Siak Tuan Rumah Penyelenggara Bimtek PTSP se-Sumatera

Kabupaten Siak Tuan Rumah Penyelenggara Bimtek PTSP se-Sumatera

14 September 2024
Peserta Bimtek PTSP se-Sumatera di Kabupaten Siak

Peserta Bimtek PTSP se-Sumatera di Kabupaten Siak

RIAU1.COM - Kementerian Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melakukan Site Visit/Benchmarking Kantor DPMPTSP Kabupaten Siak.

Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan peningkatan kinerja pelayanan terpadu satu pintu dan kinerja percepatan pelaksanaan berusaha pemerintah daerah tahun 2024 pertengahan pekan ini.

Diikuti 150 peserta dari Bimtek Kementerian Investasi dan DPMPTSP Se-Sumatera, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas SDM dan penyelenggaraan pelayanan perizinan berusaha di daerah, guna memberi motivasi para penyelenggara pemerintah daerah untuk dapat meraih kualifikasi dan kategori nilai yang lebih baik lagi.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Investasi BKPM yang telah memilih Kabupaten Siak sebagai lokasi visitasi/benchmarking. Ini tentu berdasarkan prestasi yang sudah diraih Kabupaten Siak sebagai Peringkat II Nasional dalam Anugerah Layanan Investasi Tahun 2023 yang lalu.

Capaian yang diraih Kabupaten Siak tentunya juga tidak terlepas dari berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta OPD terkait. 

"Saat ini Kabupaten Siak telah memiliki Mal Pelayanan Publik yang sangat dinantikan keberadaanya oleh masyarakat dan pelaku usaha, sehingga pelayanan menjadi lebih mudah, cepat dan terintegrasi dalam satu tempat,"kata dia.

Dalam hal pelayanan, Kabupaten Siak sebut dia, pada dasarnya telah banyak melahirkan berbagai bentuk pelayanan yang semakinmemudahkan masyarakat.

"Kami bersama Pak Bupati memiliki program Bujang Kampung yaitu Bupati bekerja dan berkantor di Kampung, ini kami lakukan setiap hari Jumat dengan membawa berbagai OPS yang menangani Pelayanan Publik. Mulai dari Disdukcapil, Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Perizinan dan UMKM, serta berbagai pelayanan publik langsung dihadirkan ditengah-tengah masyarakat" sebutnya.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Perizinan Berusaha Sektor Industri Kementerian Investasi BKPM, Septiria Christina mengapresiasi DPMPTSP Kabupaten Siak yang telah menunjukkan dedikasi dan kerjasama yang luar biasa dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Dikatakan dia, Pemilihan MPP Kabupaten Siak sebagai lokasi site visit benchmarking merupakan bentuk apresiasi mereka terhadap kinerja baik yang selama ini telah ditunjukan oleh Kabupaten Siak dalam memberikan layanan perizinan.

Menurutnya, DPMPTSP Kabupaten Siak telah menciptakan berbagai inovasi digital yang mempermudah masyarakat dalam pengurusan perizinan, memberikan kepastian hukum dan mempercepat proses perizinan. 

"Kami Kementerian Investasi BKPM bekerjasama dengan DPMPTSP Kabupaten Siak untuk memberikan contoh kebijakan pembawaan PTSP dan MPP. Koordinasi antara OPD dan pelaksanaan pelayanan perizinan di DPMPTSP Kabupaten Siak terkait praktek pengelolaan PTSP dan MPP" ujarnya.

"Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan inspirasi dan wawasan baru bagi kita semua untuk semakin meningkatkan pelayanan di daerah masing-masing,"tutur dia.*