Di Lubuk Dalam Siak Berdiri UMKM 'Jae-que', Produksi Minuman Herbal

Di Lubuk Dalam Siak Berdiri UMKM 'Jae-que', Produksi Minuman Herbal

15 Agustus 2022
Rumah produksi Jae Que dikunjungi mahasiswa Kukerta Unri

Rumah produksi Jae Que dikunjungi mahasiswa Kukerta Unri

RIAU1.COM - Desa Lubuk Dalam terletak di kecamatan Lubuk Dalam, kabupaten Siak. Desa Lubuk Dalam merupakan desa yang tertua di wiilayah Kecamatan Lubuk Dalam yang mulai berdiri sejak tahun 1935. 

Wilayah Desa Lubuk Dalam ini memiliki 3 dusun yang terdiri dari Dusun Raja Gasib,Sungai Kalo-Kalo, dan Sungai Bantung. Perekonomian Desa Lubuk Dalam didukung dari sektor pertanian sawit dan pangan serta dari sektor perdagangan. Walaupun masyarakat Lubuk Dalam pada umumnya bergantung pada hasil pertanian sawit, namun tidak membatasi kreatifitas masyarakat untuk menciptakan inovasi baru untuk desa.

Terbukti dari terbentuknya Rumah produksi Jaeque. Dengan produk bermerek"Jae-Que". 

Rumah Produksi Jaeque sendiri dipelopori oleh tiga orang yaitu Engkus Heri, sebagai Owner, Ari Lestari bagian produksi dan Moh Zainuddin sebagai humas. 

Tim kukerta UNRI desa Lubuk Dalam berkesempatan mengunjungi rumah produksi jaeque pada Sabtu, 13 Agustus 2022. Dalam kesempatan ini, tim Kukerta UNRI berhasil bertemu dengan pendiri usaha rumah produksi jae-que. 

Dalam pertemuan ini Jainuddin, selaku humas menjelaskan bahwa rumah produksi jae-que berawal dari mewabahnya pandemik covid-19 pada awal tahun 2020, pemerintah menghimbau masyarakat untuk bekerja di rumah, sehingga membuat ibu Ari Lestari yang merupakan seorang guru SMK kehilangan kesibukan, dan untuk mengisi waktu luangnya, ibu Ari iseng-iseng membuat minuman herbal untuk dikonsumsi sendiri guna meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi. Ketidaksengajaan inilah awal mula lahirnya produk minuman herbal ini.

Pada awalnya usaha ini menggunakan alat alat manual, dan hanya dikerjakan oleh ibu Ari Lestari sendiri, namun berkat usaha dan kegigihan dalam mempromosikan usaha ini, Rumah Produksi Jaeque mendapat perhatian dari beberapa kalangan dan berhasil mendapatkan bantuan berupa mesin produksi sehingga proses produksi berjalan lebih efisien.

Sekarang sudah beberapa produk olahan jahe yang berhasil dibuat dan dipasarkan oleh Rumah Produksi Jaeque ini, yaitu Jae-Que Jahe Instan, Jae-Que Jahe Pinang, Jae-Que Jahe Celery, Jae-Que Kunyit Asam, Jae-Que Kunyit Manja, Jae-Que Kunyit Lawak Jae-Que beras Kencur, Jae-Que habattusauda dan melayani sesuai orderan pelanggan. 

Rumah Produksi Jaequ, bergerak dibidang minuman kesehatan dan herbal yang sudah memiliki PIRT dan sertifikat halal dari MUI, dan sekarang sedang dalam proses mendapatkan izin edar dari pihak BPOM.

Minuman herbal ini sangat praktis, tinggal seduh dan langsung dapat dinikmati yang memiliki banyak khasiat.  secara umum minuman herbal ini memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan imun tubuh, namun secara spesifik minuman herbal ini memiliki banyak khasiat lain, diantaranya:

1. Jae-Que Jahe instan berguna untuk membantu menghangatkan tubuh dan mampu memberi efek menenangkan yang mengurangi stres psikologis dan meningkatkan imun atau daya tahan tubuh

Loading...

2. Jae-Que Jahe Pinang, selain meningkatkan imun juga bermanfaat menambah stamina

3.Jae-Que Jahe Celery bermanfaat untuk herbal asam urat

4. Jae-Que Kunyit Asam berkhasiat untuk  meredakan Nyeri Saat Haid, dan Mengatasi Bau Badan. 

5. Jae-Que Kunyit Manja bermanfaat untuk herbal kesehatan wanita

6.Jae-Que Kunyit lawak, bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan, dan cocok untuk mengobati sakit maag

7. Jae-Que Beras Kencur bermanfaat untuk herbal pegel linu

8. Jae-Que  Habattussauda bermanfaat untuk herbal Asma

Saat ini, kurang lebih sudah 1,5 tahun Rumah Produksi Jaeque beroperasi, bermodalkan pengalaman dan kerja sama tim yang baik antara Engkus dan istrinya serta Zainuddin, maka hasil olahan jahe ini berhasil dipasarkan sampai ke beberapa daerah di Indonesia dan Untuk pemesanan minuman herbal ini dapat di pesan melalui media sosial rumah produksi jahe jae que:
Wa: 081372634137, Fb: Rumah Produksi jJaeque, Ig: @rumah_jaeque,Email: jaequelubukdalam@gmail.com**