Keberhasilan 10 Program Pokok PKK di Siak Kuncinya adalah Tertib Adminitrasi

Keberhasilan 10 Program Pokok PKK di Siak Kuncinya adalah Tertib Adminitrasi

3 Agustus 2021
ilustrasi

ilustrasi

RIAU1.COM -Tertib administrasi menjadi salah satu kunci dalam mendukung keberhasilan 10 Program Pokok PKK.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri dalam kegiatan Penilaian Administrasi TP PKK Kecamatan, Kampung dan Kelurahan se Kabupaten Siak, di aula kantor Camat Siak.

Menurutnya, dengan administrasi yang tertib, teratur dan sesuai ketentuan yang berlaku dapat berfungsi sebagai bahan evaluasi dan laporan bagi Tim Penggerak PKK di berbagai tingkatan.

“Tujuan dari penilaian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan 10 program pokok PKK di kecamatan  dan kampung/kelurahan, yang dituangkan kedalam program-program kerja yang telah disusun setiap tahunnya,” jelas Rasidah.

Kata dia, dari hari evaluasi inilah bisa dilihat, bagaimana pembinaan yang telah dilakukan oleh ketua TP PKK Kampung/Kelurahan beserta pengurus dan Ketua TP PKK Kecamatan, karena berhasil tidaknya pelaksanaan 10 program pokok PKK tergantung dari administrasinya.

“Tertib administrasi menjadi salah satu kunci dalam mendukung keberhasilan 10 Program Pokok PKK. Dengan administrasi yang tertib, teratur dan sesuai dengan ketentuan dapat berfungsi sebagai bahan evaluasi dan laporan bagi TP PKK di berbagai tingkatan,” ucap Rasidah.

Kemudian selain melakukan penilaian pihaknya juga melakukan pembinaan tertib administrasi kepada PKK kecamatan dan PKK Kampung. Seperti biasa selanjutnya, PKK kecamatan melaporkan datanya kepada PKK Kabupaten dan PKK Kampung atau Kelurahan melaporkan datanya ke kecamatan.

Lebih lanjut Istri Bupati Alfedri ini menyampaikan, bahwa PKK sebagai mitra pemerintah memiliki fungsi dan peran yang strategis dalam pembardayaan dan kesejahteraan keluarga melalui unit terkecil yakni keluarga.

Ia katakana, keberadaan PKK ini sangat mendukung program kerja pemerintahan. PKK menjadi pembangkit perekonomian keluarga dan masyarakat, karena PKK merupakan salah satu unsur penggerak pembangunan.  

Oleh karena itu Rasidah berharap, tim Penggerak PKK Kecamatan, Kampung dan Kelurahan memiliki ide kreatif dan inovatif yang baru, serta dapat bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat. Kemudian dalam penyusunan program kerja hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi  kondisi.  

Loading...

Sementara sekretaris TP PKK Kabupaten Siak Helmiza Susanti menambahkan, administrasi adalah syarat penting dalam mengkuti lomba maupun kegiatan, sehingga sewaktu-waktu dapat diminta oleh TP PKK Kabupaten.

“Administrasi ini akan mudah jika dikerjakan secara tepat waktu atau setiap selesai melakukan kegiatan PKK, jadi rumit jika sering tertunda yang pada akhirnya menumpuk di akhir bulan,” kata Santi.

“Saya mohon, administrasi tetap diperhatikan, harus tertib dan dirapikan. Karena dalam mengikuti perlombaan tidak hanya ditentukan dari penilaian lapangan, namun juga dari administrasi yang baik,” pesannya.

Setelah kecamatan Siak, kegiatan penilaian administrasi  tersebut juga dilaksanakan di kecamatan Mempura. Sebelumnya kegaiatan ini telah dilaksanakan di kecamatan Pusako, Sungai Apit, Sabak Auh, Bungaraya Kerinci Kanan, dan Kandis.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Pemberdayaan Masyarakat Kampung DMPK, Camat Mempura, Penghulu kampung, Ketua TP. PKK Kabupaten Kecamatan, Ketua PKK kampung dan kelurahan beserta pengurus.(Lin)