Kelompok Nelayan Merempan Hilir Siak Peroleh Bantuan 14  Unit Sampan Dari Bank BNI

Kelompok Nelayan Merempan Hilir Siak Peroleh Bantuan 14  Unit Sampan Dari Bank BNI

25 November 2020
Kelompok nelayan

Kelompok nelayan

RIAU1.COM -

SIAK- Kelompok Nelayan Merempan Hilir, Kabupaten Siak mendapatkan bantuan dari Bank Indonesia berupa 14 unit sampan bermesin dan alat tangkap belat sebanyak 28 bal yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman.

Bantuan itu diperuntukkan bagi para nelayan yang terhimpun dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Rukun Damai. Penyerahan dilakukan di halaman rumah warga Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura. 

"Pemkab Siak secara simbolis menyerahkan bantuan kepada nelayan dari BI berupa sampan bermesin dan alat bantu tangkap ikan," kata Arfan.

Namun bantuan yang diserahkan hanya alat bantu tangkap, sedangkan sampan mesihnnya diserahkan pada waktu yang lain. Ia berpesan agar seluruh penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan tersebut secara maksimal. 

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Siak, Susilawati menambahkan, KUB ini sebelumnya telah membuat proposal yang selanjutnya diteruskan oleh pihaknya ke BI.

"Sekitar empat bulan yang lalu kelompok nelayan di sini sudah mengajukan proposal. Kemudian kami bantu meneruskan ke pihak BI," ujarnya. 

Loading...

Selanjutnya pihak BI melakukan verifikasi lapangan sekitar bulan Oktober yang lalu di kampung tersebut. "Insya Allah sampannya akan diserahkan di bulan Desember" jelasnya. 

Selain itu lanjutnya para nelayan di Kampung Merempan Hilir juga telah memperoleh asuransi. Itu berupa santunan kecelakaan akibat melakukan aktivitas penangkapan ikan serta kecelakaan lainnya. 

Ketua KUB Rukun Damai, Abu merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan. Dengan alat baru tersebut, ia optimistis anggota kelompok akan mendapatkan ikan yang lebih banyak.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur, mudah-mudahan hasil tangkapan ikan nanti bisa lebih banyak," ucapnya. (Lin)