Dihadiri Kapolsek dan Kepala KUA Tualang, Ratusan Jamaah Salat Jumat di Masjid Nurul Islam Perawang dengan Protokol Kesehatan Covid-19

Dihadiri Kapolsek dan Kepala KUA Tualang, Ratusan Jamaah Salat Jumat di Masjid Nurul Islam Perawang dengan Protokol Kesehatan Covid-19

5 Juni 2020
Kapolsek dan Kepala KUA Tualang saat akan salat Jumat berjamaah di Masjid Nurul Islam Kelurahan Perawang

Kapolsek dan Kepala KUA Tualang saat akan salat Jumat berjamaah di Masjid Nurul Islam Kelurahan Perawang

RIAU1.COM - Kendati Pembatasan Sosial Bersakala Besar di Kabupaten Siak telah berakhir, jamaah masjid Nurul Islam Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau tampak khidmat melaksanakan salat Jum'at dengan mematuhi protokol kesehatan, Jum'at 5 Juni 2020.

Sidang Jum'at kali ini tampak dihadiri Unsur pimpinan Kecamatan (Upika) Kecamatan Tualang yang diwakili oleh Kapolsek Tualang AKP Faisal Ramzami dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Tualang Najamudin.

Kedatangan unsur Upika Tualang dalam ibadah salat Jum'at di Kelurahan Perawang itu sekaligus peninjauan tempat ibadah yang layak melaksanakan kegiatan Berjama'ah.

Menjelang masuk ke mesjid, tampak pengurus masjid melakukan pemeriksaan terhadap para jemaah baik itu pengecekan suhu badan dan meminta jemaah mengenakan masker saat mengikuti salat Sunnah sekali dalam seminggu itu.

"Kedatangan kami salat Jum'at berjama'ah di Masjid Nurul Islam ini selain mengikuti salat Jum'at, kita juga sedang meninjau tempat-tempat ibadah jelang penerapan New Normal, dan Alhamdulillah masyarakat tertib mentaati protokol kesehatan," ungkap Kapolsek Tualang AKP Faisal usai melaksanakan salat Jum'at berjama'ah bersama ratusan warga.

Lanjut mantan Kasat Reskrim Polres Siak itu mengatakan dengan tatanan normal baru atau new normal, sarana tempat ibadah dapat kembali digunakan. Namun, dengan catatan dapat dilakukan penerapan protokol kesehatan seperti menjaga jarak juga menjaga kebersihan masjid dengan penyemprotan disinfektan secara berkala.

Loading...

Hal senada juga diutarakan Kepala KUA Tualang Najamudin. Ia menyampaikan dalam New Normal nanti, rumah ibadah diizinkan secara resmi melaksanakan ibadah berjamaah dengan catatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kedepannya, seluruh rumah ibadah akan dizinkan menggelar kegiatan ibadah berjama'ah dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Sama seperti yang kita lihat hari ini di Masjid Nurul Islam ini," sebutnya.

Dirinya berharap, dengan diperbolehkannya melaksanakan ibadah berjama'ah masyarakat dapat membiasakan diri menjaga kebersihan, agar terhindar dari segala penyakit.

"Apa yang telah sama-sama kita lakukan saat melaksanakan salat Jum'at dimasjid ini, nantinya kita harap juga dapat diterapkan di rumah-rumah ibadah lainnya. Semoga wabah ini segera berakhir, dan kita semua diberikan kesabaran dalam menjalani ujian ini," imbuhnya.