36 Calon Haji Asal Tualang Gagal ke Tanah Suci Akibat Covid-19, Ini Kata Salah Seorang JCH Asal Tualang

36 Calon Haji Asal Tualang Gagal ke Tanah Suci Akibat Covid-19, Ini Kata Salah Seorang JCH Asal Tualang

4 Juni 2020
Perwakilan jemaah calon haji reguler asal Kecamatan Tualang Faisal

Perwakilan jemaah calon haji reguler asal Kecamatan Tualang Faisal

RIAU1.COM - Kementrian Agama Republik Indonesia pada Selasa 2 Juni 2020 kemaren telah mengumumkan bahwa 221.000 calon jemaah haji Indonesia 2020 gagal diberangkatkan ke tanah suci Mekkah. Keputusan itu merupakan imbas Pandemi Covid 19 yang melanda dunia.

Dalam siaran pers virtualnya, kemenag mengumumkan total jemaah haji yang gagal berangkat ke tanah suci sebanyak 221.000 yang terdiri dari 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 kuota haji khusus.

Dari 221.000 calon haji itu, 36 orang diantaranya merupakan calon haji yang berasal dari kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau. 

Perwakilan jemaah calon haji reguler asal Kecamatan Tualang Faisal SHi, mengaku sedih karena tahun ini tidak dapat berangkat menunaikan rukun Islam yang kelima itu.

"Terkait keberangkatan jemaah calon haji gagal berangkat karena Covid 19 ini rasanya cukup sedih. Akan tetapi ini semua demi kebaikan bersama. Kebijakan yang diambil Pemerintah juga sudah tepat. Kami semua tetap mengikuti anjuran pemerintah. Mudah-mudahan tahun depan semua jemaah calon haji yang gagal berangkat tahun ini diberikan kesehatan dan dapat menunaikan rukun Islam yang kelima itu," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tualang Najamuddin mengatakan, 32 orang Jemaah Calon haji reguler dan 4 Calon Haji cadangan asal Kecamatan Tualang telah dihubunginya dan diberi pengertian terkait penundaan keberangkatan haji untuk tahun 2021.

"Iya, semuanya sudah kita hubungi. Alhamdulillah jemaah asal Tualang ini patuh dan taat aturan. Kendati keberangkatan dibatalkan untuk tahun ini karena Covid 19, seluruh jemaah juga menyatakan siap apabila harus diberangkatkan tahun depan," terang Najamuddin kepada Riau1.com Kamis 4 Juni 2020 di Perawang.

Loading...

Lanjutnya menyampaikan, meskipun keberangkatan dibatalkan tahun ini, pihaknya tetap memberikan buku panduan haji kepada para calon haji untuk dipelajari di rumah. 

"Buku panduan tetap kita bagikan kepada seluruh jemaah, agar dapat dipelajari dirumah. Mudah-mudahhan seluruh jemaah diberikan kesehatan, agar tahun depan dapat melaksanakan Rukia islam yang kelima itu," sebutnya.

Menanggapi hal itu, camat Tualang Zalik Efendi SSos mengimbau kepada para jemaah calon haji agar tidak berkecil hati karena tidak dapat berangkat ke tanah suci tahun ini. Ia meminta para jemaah tetap jaga kesehatan dan berdo'a agar tahun depan semua jemaah dapat menunaikan ibadah haji.

"Tetap semangat, jaga kesehatan, kita berdo'a bersama agar wabah ini segera berakhir dan saudara-saudara kita dapat melaksanakan ibadah haji tahun depan dengan tenang dan nyaman," imbaunya.