Hutang Sudah Lunas, Surat Tanah Sebagai Agunan Milik Nasabah Bank BRI Cabang Minas Beralih Tangan

Hutang Sudah Lunas, Surat Tanah Sebagai Agunan Milik Nasabah Bank BRI Cabang Minas Beralih Tangan

1 April 2020
Nasabah mempertanyakan agunannya yang raib

Nasabah mempertanyakan agunannya yang raib

RIAU1.COM - Bertahun-tahun membayar cicilan pinjaman ke Bank BRI hingga lunas, agunan (jaminan) berupa surat tanah milik Esterdina malah beralih ke orang lain.

Pinjaman itu terjadi pada tahun 2009 lalu, yang mana pada saat itu, Ester bersama almarhum suaminya sedang membutuhkan uang dan memilih mengambil pinjaman ke bank BRI cabang Minas sebesar Rp 100 juta, dengan jaminan berupa surat tanah. Tanah yang menjadi jaminan Ester itu telah ditanami sawit dengan luas 10 hektar.

"Saya minjam uang itu pada tahun 2009 yang lalu pak. Tanah yang saya jadikan jaminan itu seluas 10 hektar, tanah itu sudah ada sawitnya. Karena saya pindah domisili ke Sumatera Utara, sawit itu saya serahkan ke salah satu Agen sawit berinisial ST. Dari hasil penjualan buah sawit itulah saya dapat melunasi utang ke BRI," jelasnya kepada awak media Rabu 1 April 2020.

Lanjutnya menceritakan, dirinya terkejut saat kembali ke Riau guna mengambil kembali surat tanahnya itu, ternyata tanahnya tersebut telah beralih kepemilikan ke agen sawit berinisial ST itu.

"Saya puulang ke Riau ini, mau mengambil agunan itu pak, tapi ternyata surat tanah saya itu sudah pindah tangan dari Bank ke agen sawit itu," sebutnya kesal. 

Tak tinggal diam, mengetahui haknya telah dirampas, Ester langsung mendatangi dan melaporkan hal tersebut ke Menara Bank BRI di Kota Pekanbaru.

Loading...

"Kemarin, kita sudah datangi Bank BRI Provinsi Riau di Kota Pekanbaru itu pak, kita juga sudah membuat laporan ke Polsek Minas. Yang membuat saya kesal itu kok bisa pihak bank BRI  dengan mudahnya menyerahkan surat tanah miliknya itu ke orang lain tanpa sepengetahuan saya, padahal saat awal pinjaman tersebut atas nama saya dan suami saya," jelasnya.

"Yang lebih kesalnya lagi, toke sawit itu malah nantang saya untuk menempuh jalur hukum. Padahal saya datangi dia ingin mendengar penjelesan dia, kok bisa seperti ini jadinya. Yang jelas saya sudah laporkan hal ini ke pihak kepolisian. Saya tetap menunggu itikad baik pihak Bank BRI," pungkasnya.

Sehubungan dengan hal itu, Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos melalui Kanit Reskrim Polsek Minas AKP Dafris membenarkan adanya laporan tersebut.

Pihaknya sedang melakukan penyelidikan dan memeriksa para saksi. "Iya benar, kita sedang lidik, semua saksi sedang kita periksa juga," sebutnya.