Istimewa, 6 Underpass Dibangun Khusus Sepanjang Tol Pekdum untuk Perlintasan Gajah

Istimewa, 6 Underpass Dibangun Khusus Sepanjang Tol Pekdum untuk Perlintasan Gajah

20 Februari 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Tak hanya di flyover saja, ternyata Underpass juga akan dibangun di 6 titik Ruas Tol Pekanbaru-Dumai yang diwacanakan untuk tempat perlintasan gajah liar.

Jalan bebas hambatan pertama di Provinsi Riau itu merupakan jalan tol yang cukup menarik diantara jalan Tol Trans Sumatera lainnya yang menghubungkan Lampung hingga ke Aceh. Pasalnya, disepanjang tol ini merupakan habitat gajah Sumatera.

"Ada sekitar enam Underpass perlintasan gajah yang dibangun di Ruas Tol Pekanbaru-Dumai ini, kita perkirakan masing-masing underpass dapat dilintasi seratusan ekor gajah, kata SEVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Muhammad Fauzan, Kamis 20 Februari 2020. 

Underpass yang akan dibangun di ruas Tol yang memiliki panjang 131 kilometer itu berada di dua seksi, yakni Seksi II dan seksi IV.

Underpass yang dibangun di seksi II berada tidak jauh dari Pusat Pelatihan Gajah di Kecamatan Minas Kabupaten Siak, lebih tepanya di Sungai Tekuana.

Sementara lima Underpass lainnya, dibangun pada seksi IV, yang mana lokasi tersebut dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja.