45 Peserta Siak Internasional Serindit Boat Race Bakal Berjuang Lawan Arus Deras Sungai Jantan

45 Peserta Siak Internasional Serindit Boat Race Bakal Berjuang Lawan Arus Deras Sungai Jantan

1 November 2019
Kepala Dispar Siak, Fauzi Asni saat konferensi pers terkait event Serindit Boat Race Festival

Kepala Dispar Siak, Fauzi Asni saat konferensi pers terkait event Serindit Boat Race Festival

RIAU1.COM - Pemkab Siak dalam waktu dekat akan menyelengarakan event Siak Internasional Serindit Boat Race. Event sport tourism ini di gelar dalam rangka mempromosikan pariwisata Kabupaten Siak, yang diharapkan bisa mendongkrak jumlah wisatawan di Siak.

Kepala Dispar Siak, Fauzi Asni mengatakan, event Siak Internasional Serindit Boat Race tahun ini di gelar untuk ketiga kalinya, diikuti 45 tim baik itu lokal, nasional dan Internasional. Rangkaian kegiatan ini dimulai pada tanggal 14 November sampai 17 November 2019 mendatang.

"Siak Internasional Serindit Boat Race (Dragon Boat Siak) akan di ikuti 45 tim, terdiri dari 6 tim Luar Negeri, kemudian luar Provinsi ada 11 tim, dalam provinsi ada 17 tim dan tim lokal ada 11 tim," ujar Fauzi Asni, Kamis 31 Oktober 2019.

"Rinciannya masing-masing luar negeri akan di ikuti dari negeri Johor Malaysia, Sabak, Brunei Darussalam. Untuk dalam negeri daerah yang mengikut dari Jambi, Pasaman Barat, Agam, Bekasi, Pelalawan, CO Armada 1 dari Jakarta, dan tim dari Tangerang," sambungnya.

Setelah sukses menyelengarakan tahun pertama dan kedua Dragon Boat Siak, menurut peserta yang berlomba ada yang menarik balapan sampan di Sungai Siak.

Sungai yang juga dikenal dengan nama Sungai Jantan ini cukup dalam juga memiliki arus pasang surut yang cukup deras, yang menjadi tantangan tersendiri bagi setiap tim.

"Serindit Boat Race di Sungai Siak dari pengalaman dua tahun terhakir, sejumlah peserta menceritakan pengalaman kepada panitia ada tantangan tersendiri berlaga di Sungai Siak, selain pasang surut dan juga arusnya cukup deras, dibutuhkan strategi khusus masing-masing tim untuk memenangkan lomba," sebutnya.

Internasional Serindit Boat Race tahun ini juga sudah masuk ke dalam kalender PB PODSI yang di adakan secara reguler. Pada event ini juga panitia menyiapkan hadiah bagi para pemenang dengan nilai keseluruhan berjumlah Rp178 juta.

"Pelaksanaan Internasional Serindit Boat race ke tiga tahun ini, sudah masuk sebagai Iven tetap di kalender pariwisata BP PODSI  karena dianggap sebagai penyelenggara yang disiplin dan memenuhi standar keselamatan," terangnya 

Di perkirakan peserta akan hadir pada tanggal kamis 14 November 2019 siang, dan pada malamnya seluruh peserta mengikuti acara malam pembukaan. Ia mengharapkan, pelaksanaanya dapat berjalan lancar, dan diharapkan masyarakat Siak antusias menyaksikan Iven yang dilaksanakan di Sungai Siak Itu.