Siswa MAN IC Siak Juara Dunia Geo Math Competition di Finlandia

Siswa MAN IC Siak Juara Dunia Geo Math Competition di Finlandia

15 Oktober 2019
Para peserta Geo Math Competition di Finlandia

Para peserta Geo Math Competition di Finlandia

RIAU1.COM - Seorang siswa Kelas X MAN Insan Cendekia (IC) Tualang, Siak, Arya Bisma Nugraha berhasil meraih medali emas dalam event International Geo-Math-Competition yang berlangsung 8 Oktober hingga 12 Oktober 2019 lalu di Helsinki, Finlandia.

Dalam kejuaraan itu, Arya bersaing sangat ketat dengan 1.000 pelajar dari 100 negara di dunia. "Geo-Math-Competition 2019 merupakan event perdana yang diselenggarakan oleh UNICEF," kata Guru MAN IC Siak, Alfianri, Selasa 15 Oktober 2019.

"Kompetisi ini digelar dalam rangka sidang majelis umum PBB ke-74, bertajuk Quality Education & Climate Change, dan 100 negara masing-masing mengirimkan 4 siswa terbaiknya,” sambungnya.

Alfianri menjelaskan, ada 10 babak dalam kompetisi ini, terdiri dari 5 babak tes teori, 3 babak interview, dan 2 babak field trip. "Bagi peserta yang tidak mencapai passing grade yang telah ditetapkan otomatis gugur dan tidak bisa mengikuti babak selanjutnya," jelasnya.

"Dari hasil seleksi semua babak ini, dipilih 30 peserta dengan nilai tertinggi sebagai pemenang dengan jumlah medali yang diperebutkan, 5 medali emas, 10 medali perak, dan 15 medali perunggu,” rincinya.

Guru bidang studi fisika itu menuturkan, tahun ini ada 4 siswa yang menjadi delegasi Indonesia pada G-Math-C, yang berasal dari 4 sekolah berbeda, yakni MAN IC Siak, SMAN 8 Jakarta, SMAN 2 Tangerang Selatan dan SMAN 3 Semarang.

"Dari babak tes teori, interview, dan field trip, hanya Arya yang lolos sampai babak 10 bersama peserta dari Amerika, Finlandia, Rumania, Polandia, Jepang, Vietnam, Inggris, Jerman serta Hungaria, dan dinyatakan sebagai Champion,”
 tuturnya.

Setelah tahapan itu, Arya yang merupakan alumni SMPN 1 Tualang itu meraih satu medali emas, dan di ikuti oleh peserta utusan dari Jerman, Finlandia, Amerika, dan Inggris.

Sementara itu, Kepala MAN IC Siak, Hayatirruh secara khusus menyampaikan terimakasih kepada para guru yang telah membimbing Arya dengan baik, sehingga mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

"Alhamdulillah, kami segenap keluarga besar MAN IC Siak sangat bangga dengan prestasi siswa kami. Sejak MAN IC Siak ini berdiri tahun 2015 lalu, pencapaian ini adalah prestasi tingkat internasional perdana yang berhasil diraih," ucapnya.

"Terimakasih kepada para guru atas segala suport-nya, sehingga anak didik kita, Arya mampu mengharumkan nama bangsa di tingkat dunia. Semoga kedepan siswa MAN IC Siak yang lain juga bisa mengikuti jejak Arya untuk go internasional," pungkasnya.