Alfedri Dukung Objek Wisata Telago Bathin Bungsu jadi Ikon Wisata Baru Minas

Alfedri Dukung Objek Wisata Telago Bathin Bungsu jadi Ikon Wisata Baru Minas

25 Agustus 2019
Bupati Siak, Alfedri saat meninjau objek wisata Danau Telago Bathin Bungsu di Kecamatan Minas

Bupati Siak, Alfedri saat meninjau objek wisata Danau Telago Bathin Bungsu di Kecamatan Minas

RIAU1.COM - Pemerintah Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau menggelar kegiatan Gerak Jalan Santai dalam rangka HUT ke-74 RI di seputaran Danau Telago Bathin Bungsu, Kelurahan Minas Jaya.

Kegiatan yang diikuti lebih dari 6.000 peserta terdiri dari warga Kecamatan Minas dan sekitarnya itu, dilaksanakan Ahad 25 Agustus 2019 dan dihadiri oleh Bupati Siak, Alfedri beserta Ketua TP PKK Siak, Rasidah Alfedri.

Gerak jalan santai, juga diisi pelaksanaan tabur benih ikan dan penanaman pohon sebagai langkah penghijauan areal seputaran danau yang baru saja diresmikan penamaannya secara adat.

Direncanakan kedepan akan dikembangkan sebagai destinasi baru pariwisata di Kecamatan Minas. Karena saat ini baru ada wisata Taman Hutan Raya dan Pusat Latihan Gajah.

Camat Minas, Hendra Adi Nugraha mengatakan, awalnya di seputaran lokasi danau tersebut sering terjadi kebakaran lahan dan pembalakan hutan. Untuk mengatasi kerusakan yang telah terjadi, pihaknya bekerjasama dengan masyarakat dan pihak lain untuk menghijaukan kembali areal danau.

"Kita ajak warga untuk menanam tanaman hutan, dan kita minta bantuan pihak lain seperti Tahura dan Unilak, Alhamdulillah kita dibantu beberapa jenis tanaman dan peralatan budidaya madu kelulut,” ucapnya.

Hendra melanjutkan, belakangan setelah kondisi areal danau mulai hijau dan beransur normal kembali, suasana tenang dan asri menginspirasi dirinya dan warga sekitar danau untuk membentuk Pokdarwis dan mengemas areal ini sebagai objek wisata baru.

"Potensi geografisnya dekat dengan Kota Pekanbaru, hanya berjarak sekitar setengah jam perjalanan, Suasana alamnya masih asri dan tenang. Kedepan delapan pulau yang ada di Telago Bathin Bungsu ini akan dikembangkan untuk wisata alam," jelasnya.

Hendra menuturkan, di areal danau rencananya juga akan dikembangkan jalur bersepeda dan beberapa wahana permainan air. "Diharapkan kedepan wisatawan sekitar Kecamatan Minas dan dari Pekanbaru akan datang berwisata," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Siak, Alfedri menyebutkan, sejalan dengan tema peringatan HUT ke-74 RI, masyarakat Siak harus mampu berinovasi sebagai wujud kreatifitas dan SDM yang unggul diberbagai bidang.

"Saya bangga, Camat dan masyarakat di sini mampu membaca peluang untuk menjadikan Telago Bathin Bungsu ini untuk dikembangkan dengan kreatifitas dan inovasi menjadi objek wisata," kata Alfedri.

"Pemkab Siak melalui Dinas PU dan Tarukim akan membantu menata kawasan, agar objek wisata ini menjadi magnet baru di kabupaten Siak,” sambungnya.

Ia juga berjanji akan mendukung Pokdarwis yang sudah terbentuk dalam mengelola lokasi ini, dengan syarat kawasan hijau sekitaran danau yang berfungsi sebagai sumber air baku dan air bersih di Kecamatan Minas ini tetap dijaga kelestariannya.

"Kita juga bertetangga dengan Tahura dan Pusat pelatihan gajah, kita akan upayakan kerjasama menghadirkan atraksi gajah untuk memperkuat daya tarik pariwisata danau ini," terangnya.

"Harapan kita wisatawan akan berbondong-bondong datang dan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat di Kecamatan Minas ini, seperti objek wisata di beberapa kecamatan lainnya di Kabupaten Siak yang sudah lebih dahulu berkembang,” pungkasnya.