MTQ XIX Siak 2019 Berakhir, Ini Harapan Gubri Syamsuar dan Bupati Alfedri

MTQ XIX Siak 2019 Berakhir, Ini Harapan Gubri Syamsuar dan Bupati Alfedri

22 Juli 2019
Gubri, Syamsuar didampingi Bupati Siak, Alfedri saat penutupan MTQ XIX Siak

Gubri, Syamsuar didampingi Bupati Siak, Alfedri saat penutupan MTQ XIX Siak

RIAU1.COM - Gubernur Riau, Syamsuar didampingi Bupati Siak Alfedri menutup secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX Kabupaten Siak, di Lapangan Sepakbola Kecamatan Sungai Apit, Ahad 21 Juli 2019 malam.

Gubernur Riau, Syamsuar berharap kualitas dan kemampuan para qari dan qariah di Negeri Istana Matahari Timur semakin meningkat dari tahun ketahun.

"Sehingga disetiap perhelatan MTQ, baik yang dilaksanakan ditingkat provinsi maupun nasional selalu mendapat hasil terbaik," ucap Syamsuar.

"Tentu perkembangan kemampuan para qari ini harus mendapat dukungan Pak Camat, Penghulu, para Ustaz dan guru mengaji, agar mereka merasa diperhatikan," sambungnya.

Mantan Bupati Siak itu juga berazam, akan mendirikan Quran Center di Riau, yang tidak hanya berfungsi sebagai pusat pembelajaran Alquran, tapi juga sebagai pusat kajian Alquran masyarakat.

Sementara itu, Bupati Siak, Alfedri mengatakan, dengan berakhirnya rangkaian kegiatan MTQ Siak, menjadi puncak kemeriahan bagi seluruh masyarakat Siak khususnya di Kecamatan Sungai Apit atas terlaksananya dengan sukses kegiatan syiar ini.

"Alhamdulillah MTQ XIX tingkat Siak tahun ini telah berjalan dengan lancar. Semoga dengan pelaksanaan syiar Alquran ini, akan semakin memberikan warna dan menciptakan suasana islami di Negeri Istana," ucap Alfedri.

Pemimpin Siak itu juga merasa berbahagia melihat besarnya antusiasme yang ditunjukkan masyarakat dan pengunjung kegiatan, yang dimulai dari rangkaian pawai taaruf, bazaar dan seremoni pembukaan, hingga acara penutupan yang berlangsung meriah.

"Semoga hal ini menjadi pertanda masyarakat semakin mencintai bentuk syiar ini. Sehingga tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini dapat pula tercapai, yaitu masyarakat kita semakin mencintai dan sgemar menyibukkan diri dengan Alquran," ungkapnya.

Mantan Ketua Baznas Siak itu mengajak seluruh masyarakat, untuk tetap mempelajari ilmu Alquran, khususnya memahami dan menjiwai isi kandungan perintah dan larangan-Nya agar kehidupan semakin berkah dan selamat di dunia dan akhirat.

“Selain itu juga agar kita selamat dari pemikiran-pemikiran radikal, ideologi taqiyah, maupun berbagai pemahaman yang menyesatkan. Rasulullah dalam sebuah hadist riwayat Bukhari mengatakan, sebaik-baik manusia diantara kamu adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya," ajaknya.

Berdasarkan Surat Keputusan Dewan Hakim MTQ XIX Tingkat Kabupaten Siak Tahun 2019, kafilah Kecamatan Siak jumlah meraih juara umum dengan perolehan nilai 201.

Sementara diurutan kedua diraih kafilah Kecamatan Sungai Apit dengan jumlah nilai 151, urutan ketiga diraih kafilah Kecamatan Tualang jumlah perolehan nilai 82 dan diikuti kafilah Mempura dan Koto Gasib masing-masing diurutan keempat dan kelima.