Menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi, Tim Penilai Mabes Polri Sambangi Polres Siak

Menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi, Tim Penilai Mabes Polri Sambangi Polres Siak

14 Juli 2019
Tim penilai Mabes Polri bersama jajaran Polres Siak

Tim penilai Mabes Polri bersama jajaran Polres Siak

RIAU1.COM - Tim Pengumpulan Data Persepsi dan Observasi Indeks Tata Kelola (ITK) Mabes Polri menyambangi Mapolres Siak, Jumat 8 Juli 2019.

Kunjungan tersebut untuk melakukan penilaian dengan bertujuan mereformasi birokrasi dan pelayanan diinternal Polri di seluruh Polda dan Polres di tanah air.

Hal ini agar terciptanya Polri yang profesional, transparan, akuntabel dalam memberikan pelayanan terbaik sebagai pengayom masyarakat dan penegak hukum di Indonesia.

Tim penilai Mabes Polri ini berasal dari Tim independen kemitraan Polri, Pendamping dari Asrena Mabes Polri, dan Bagian Reformasi Birokrasi Mabes Polri.

Kapolres Siak AKBP Ahmad David kepada Riau1.com mengatakan, kegiatan kunjungan ini merupakan bentuk kesiapan Polres Siak dalam mewujudkan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

"Ini merupakan syarat mutlak bagi kita di Polres Siak dalam mempersiapkan diri menghadapi segala bentuk pelayanan serta kesiapsiagaan kita menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi," ujarnya, Sabtu 13 Juli 2019.

David menuturkan, pihaknya juga telah menjalankan tugas maksimal sesuai dengan visi dan misi Polres Siak dan terus melaksanakan berbagai program dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang prima.

"Kita selalu melakukan deteksi dini terhadap hal yang akan berpotensi menganggu kamtibmas, serta berbagai langkah dan upaya kita lakukan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat," tuturnya.

"Tentunya agar penegakkan hukum di Siak ini bisa dilaksanakan secara profesional, transparan tanpa diskriminatif,” jelas Kapolres Siak tersebut.

Selain itu, David melanjutkan, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan tertib berkendara, pihak Satlantas Polres Siak juga telah membentuk Forum Lalu Lintas bekerja sama dengan Dinas Perhubungan setempat.

“Kita telah membentuk Forum Lalu Lintas, bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat pengguna jalan sekaligus menekan angka kecelakaan dan menciptakan tertib berkendara di Siak,” tegasnya.

Terpisah, Kabag Reformasi Birokrasi Polda Riau, AKBP Rommel Hutagaol menyatakan, kegiatan tersebut merupakan evaluasi pelaksanaan tugas Polri juga dilakukan di seluruh jajaran Polda dan Polres dari sabang hingga Merauke.

"Semoga dengan evaluasi ini, Polri akan semakin profesional, transparan, akuntabel dalam memberikan yang terbaik sebagai pelayan dan penegak hukum di daerahnya masing-masing dan di tanah air secara umumnya," sebutnya.

Turut hadir dalam penilaian tersebut sejumlah unsur elemen baik dari Pemerintah, LSM, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Siak serta Insan Pers.

Sejumlah rangkaian kegiatan yang dilakukan tim tersebut dalam penilaian yakni, pengecekan dan penilaian pelayanan SKCK, pengisian kuisioner responden external, pengecekan dan penilaian pelayanan publik Polres Siak, dan pengisian kuisioner responden internal.

Tim penilai juga melakukan pengecekan dan penilaian Ruang SPK-T Polres Siak, pengecekan dan penilaian Satpas Polres Siak serta diiringi dengan pengisian kuisioner.

 

Penulis: M Rizal Iqbal