Rancangan Perda, APBD-P Rokan Hulu Rp 2 Triliun

1 Oktober 2024
Bupati Rokan Hulu, Sukiman

Bupati Rokan Hulu, Sukiman

RIAU1.COM - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun anggaran 2024 dalam rapat paripurna bersama Anggota DPRD.

Bupati H. Sukiman menyampaikan tentang rancangan Perda tentang perubahan APBD Kabupaten Rokan Hulu tahun anggaran 2024 dengan total Rp.2.100.678.436.033, yang terdiri dari komponen pendapatan belanja dan pembiayaan.

Sukiman menyebutkan bahwa pendapatan daerah secara keseluruhan bertambah dari target penerimaan, penambahan terdapat pada rencana penerimaan pajak, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah.

"Kemudian dari belanja daerah pada rancangan perubahan APBD Kabupaten Rokan Hulu juga mengalami penambahan secara umum untuk memenuhi belanja wajib mengikat dan bersifat mendesak yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah setiap tahunnya baik belanja operasi, modal, tidak terduga maupun belanja transfer dalam rangka pelayanan kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan prioritas pembangunan daerah" ujarnya.

Selain itu lanjut Sukiman, penambahan belanja daerah juga untuk pengalokasian belanja yang bersumber dari bantuan keuangan pemerintah Provinsi Riau, termasuk bantuan keuangan untuk gaji guru bantuan keuangan untuk kecamatan dan bantuan keuangan rumah layak huni dan lain sebagainya.

"Rancangan Perda tentang perubahan APBD Kabupaten Rokan Hulu Tahun Anggaran 2024 yang disusun ini dapat dibahas bersama anggota DPRD kabupaten Rokan Hulu yang telah ditugaskan oleh pimpinan sementara DPRD dengan tim anggaran pemerintah daerah dan kemudian mendapatkan persetujuan bersama mengingat sisa waktu pelaksanaan pekerjaan terbilang singkat, oleh karena itu dirinya berharap agar pelaksanaan program kegiatan dapat berjalan secara maksimal,"papar dia.*