Masyarakat Rohul Dapat Sosialisasi Pengelolaan Sampah Bernilai Ekonomi

Masyarakat Rohul Dapat Sosialisasi Pengelolaan Sampah Bernilai Ekonomi

15 Juni 2024
Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Rokan Hulu

Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Rokan Hulu

RIAU1.COM - Sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam mengelola sampah digelar Badan Lingkungan Hidup (BLH) Rokan Hulu (Rohul) bersama PKK Pokja 2 Rohul.

Bupati Rohul H. Sukiman menyampaikan, sistem manajemen mengenai sampah harus semakin dikembangkan, dimulai dari persampahan rumah tangga dan didukung dengan bank sampah lainnya untuk bisa dimanfaatkan sehingga sampah bisa diubah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di lingkungan masyarakat.

"Didalam mengelola sampah tentunya harus bisa memilah yang organik dan non organik agar bisa mengurainya, baru nantinya kreatifitas dibutuhkan bagaimana yang tadinya barang tidak berguna dan berharga bisa diolah dan berguna sehingga bisa bernilai dari sisi ekonomi," kata Sukiman.

Dia juga menyampaikan, bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung.

"Konsep dari bank sampah ialah suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan aktif di dalamnya. Sistem tersebut menampung, memilah, dan menyalurkan sampah yang memiliki nilai ekonomi sehingga masyarakat mendapat keuntungan ekonomi dari menabung sampah," tutur Sukiman.*