Masyarakat Pendalian Koto Rohul Kini Rasakan Manfaat Perkebunan Plasma

29 Oktober 2023
Panen perdana perkebunan plasma Masyarakat Pendalian Koto Rohul

Panen perdana perkebunan plasma Masyarakat Pendalian Koto Rohul

RIAU1.COM - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman melakukan panen perdana hasil perkebunan plasma KUD Wisma Tani Desa Air Panas Kecamatan Pendalian IV Koto. 

"Kepada KUD kiranya kebun plasma ini dapat di rawat dengan baik supaya bisa memberikan hasil yang maksimal, sehingga dari hasil kebun ini nanti dapat menambah perekonomian masyarakat di Desa Air Panas," kata dia belum lama ini.

Dari hasil panen yang dikelola KUD Wisma Tani, sambug dia, tentu juga akan dapat membantu masyarakat, khususnya petani di Desa Air Panas ini, karena dengan bermitra bersama perusahaan dan dikelola oleh KUD akan lebih mempermudah masyarakat dalam mengurus perkebunan.

"Petani, KUD dan perusahaan harus jujur dan saling percaya, dengan kejujuran ini akan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat ataupun petani," jelas Bupati Sukiman.

Sementara itu, Kepala Desa Air Panas, Rahayu menegaskan bahwa kebun Plasma ini dikelola sepenuhnya oleh PTPN V dibawah pengawasan KUD Wisma Tani sejak mulai penanaman hingga berhasil.

"Dimana dari hasil perkebunan ini nanti diharapkan dapat menunjang pendapatan desa dan khususnya bagi masyarakat yang ada di Desa Air Panas," ujar dia.

Sejauh ini jelas Kades, jumlah kebun plasma yang di kelola perusahaan sebanyak 742 hektare dari 371 petani yang ada di Desa Air Panas. Para petani tinggal menunggu hasil dari kebunnya masing-masing.

"Tujuan dilakukannya perkebunan plasma ini adalah supaya masyarakat ini nanti dapat mengembangkan kebunnya secara mandiri, sebab perkebunan plasma ini  dimulai dari penanaman, pemeliharaan,pengelolaan, dan hasil kebun akan ditampung sepenuhnya oleh perusahaan," tuturnya.*