Gemarikan Pemkab Rohul Fokus di Wilayah Penanganan Stunting

Gemarikan Pemkab Rohul Fokus di Wilayah Penanganan Stunting

12 Juli 2024
Gemarikan Pemkab Rohul

Gemarikan Pemkab Rohul

RIAU1.COM - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rokan Hulu (Rohul) bekerjasama dengan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) mengadakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dalam rangka meningkatkan konsumsi Ikan dan percepatan penurunan stunting.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul, CH. Agung Nugroho mengatakan Gemarikan ini dilaksanakan di lokus stunting, yakni di Desa Tanjung Belit Kecamatan Rambah dan Desa Bencah Kesuma Kecamatan Kabun, dengan memberikan makanan olahan berbahan dasar ikan, seperti bakso ikan, nugget ikan dan coklat kepada anak anak balita, batita, ibu hamil dan ibu menyusui.

"Terlebih dahulu gerakan Gemarikan diadakan di daerah lokus stunting, seperti desa Tanjung Belit, Desa Bencah Kesuma, dan nanti tanggal 26 Juni di Desa Suligi, kemudian nanti juga akan kita adakan seremonial di Desa Bangun Purba Timur jaya Kecamatan Bangun Purba. Kami berharap nanti Bapak Bupati Rokan Hulu dan ibu Ketua TP PKK dapat hadir dalam acara tersebut,"kata dia.

Agung juga menerangkan, bahwa ikan mengandung protein yang tinggi yang baik untuk pertumbuhan anak, tidak hanya di berikan kepada anak stunting tapi juga diberikan untuk anak anak yang lain untuk mencegah stunting, sehingga tidak muncul kasus baru.

"Jadi kita memberikan ini tidak hanya kepada anak-anak kita yang terdampak Stunting tapi untuk mencegah, untuk mencegah anak-anak kita, agar tidak muncul kasus baru lagi" jelasnya.

Kemudian untuk kedepannya, Gemarikan akan kita disosialisasikan kepada seluruh masyarakat di Rokan Hulu karena peran keluarga baik ibu ataupun ayah sangat besar untuk merawat dan menjaga pertumbuhan anak, dan berharap Rokan Hulu bisa zero stunting.

"Peran keluarga sangat besar menjaga dan merawat perkembangan anak-anak kita,  berikan anak untuk imunisasi lengkap sesuai tahapan dan wajib memberikan makanan berbahan baku ikan, karena anak-anak kita adalah generasi penerus, calon pemimpin masa depan, dengan upaya ini mudah mudahan Rokan Hulu bisa zero stunting," harapnya.*