Cegah Stunting, DKPP Rohul Gelar Program Gemarikan

Cegah Stunting, DKPP Rohul Gelar Program Gemarikan

1 September 2024
Program Gemarikan di Rokan Hulu

Program Gemarikan di Rokan Hulu

RIAU1.COM - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Rokan Hulu menggelar kegiatan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dan gerakan pangan murah (GPM) yang dilaksanakan di Desa Tambusai Timur Kecamatan Tambusai, dalam rangka mencegah stunting dan stabilisasi pasokan dan harga pangan

Selain kegiatan Gemarikan dan GPM juga dilaksanakan kegiatan dari Puskesmas Tambusai dalam skrining penyakit tidak menular, pengukuran tekanan darah dan cek gula darah gratis.

Bupati Rohul melalui Asisten II, Drs. H. Ibnu Ulya, menyambut baik kegiatan Gemarikan dan GPM ini, diharapkan melalui kegiatan ini akan meningkatkan kepedulian masyarakat Rohul makan ikan sejak dini dan untuk mendapatkan pangan murah namun tetap mengutamakan gizinya.

"Kabupaten Rohul dari 2013 sudah terdeteksi adanya stunting sebesar 58 persen, namun setiap tahunnya telah terjadi penurunan hingga data yang diperoleh di tahun 2024 ini adalah 15,9 persen dengan target nasional adalah 14 persen, dan Pemkab Rohul optimis akan mencapai target tersebut,"kata Ulya.

Asisten II juga menyampaikan terkait GPM merupakan salah satu langkah untuk menekan inflasi apabila harga, yang berada di tengah masyarakat tidak sesuai dengan harga pasar sehingga dapat meringankan beban masyarakat untuk membeli bahan pokok.*