Audit Stunting Rohul Tahap II Berlangsung di Tambusai Timur

Audit Stunting Rohul Tahap II Berlangsung di Tambusai Timur

12 September 2024
Audit Stunting di Tambusai Timur/Riaumandiri.co

Audit Stunting di Tambusai Timur/Riaumandiri.co

RIAU1.COM - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan audit kasus stunting tahap II di Desa Tambusai Timur Kecamatan Tambusai.

Dalam kegiatan hadir Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Gusnar Syafaren beserta tim dari Dalduk KB, juga Kabid Kesehatan Masyarakat, Adkha Dartini.

Kabid Kesehatan Masyarakat Adkha Dartini, menyampaikan kegiatan ini terfokus pada empat sasaran, yaitu ibu hamil, anak dibawah 2 tahun, calon pengantin dan ibu setelah melahirkan atau dalam keadaan nifas.

"Kegiatan di Desa Tambusai Timur ini terfokus kepada empat sasaran, dengan jumlah yang akan di sosialisasi kan yaitu 31 orang yaitu ibu hamil 6 orang, calon pengantin 3 pasang, anak dibawah 2 tahun 16 orang dan ibu nifas 3 orang," ucap Adkha.

Dia juga menyampaikan, dengan mendatangkan Dokter Spesialis Anak dan Kandungan diharapkan screaning dan pendataan Stunting di Desa Tambusai Timur dapat lebih efektif dan akurat dan apabila ada yang terindikasi akan dapat cepat ditangani oleh kerja sama semua pihak dalam penurunan angka stunting di Rohul.

Pada kesempatan ini, Dokter Spesialis Anak RSUD Rohul dr.Dwi Novianti,Sp.A juga menyampaikan pada ibu hamil, agar penuhi kebutuhan nutrisi, lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin, hindari paparan asap rokok, dan terapkan perilaku hidup bersih dan sehat pada bayi.

"Berikan ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan, berikan makanan yang bergizi dan kaya protein hewani, rutin periksa ke dokter,"sebut dia.*