Ini Kabar Gembira Perkembangan Pertanian di Rohul pada Momentum Hari Pangan Sedunia

Ini Kabar Gembira Perkembangan Pertanian di Rohul pada Momentum Hari Pangan Sedunia

26 Oktober 2021
Panen Raya di Rokan Hulu

Panen Raya di Rokan Hulu

RIAU1.COM - Wakil Bupati Rokan Hulu, H. Indra Gunawan menyebutkan, peringatan Hari Pangan Sedunia tahun ini juga sebagai momentum untuk mengevaluasi dan menginovasi sektor pertanian, khususnya sarana prasaran dan kesejahteraan para petani.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Rohul Admiral SP mengatakan peringatan hari pangan sedunia tahun ini sebagai inovasi disektor pertanian.

Dijelaskan Admiral, selain jenis padi Infari Zinc, Pemkab Rohul Tahun 2021 juga mengalokasi padi jenis Inbrida dengan luas lahan 1.065 hektar dengan jumlah benih yang dibantu 25 Kg/hektar.

"Sementara padi jenis Inpari Zinc seluas 245 hektar. Rokan IV Koto dapat 90.25 ha, Rambah Hilir 154,75 ha, sudah panen 105,25 ha dengan produksi 547,55 Ton," terang Admiral.

Loading...

Untuk mengoptimalkan hasil panen petani, Admiral mengaku akan mengusulkan alat pasca panen dalam upaya mewujudkan pembangunan tanaman pangan dan hortikultura di Rohul seperti, UV Driyer (Pengering padi), RMU (Penggering padi), Packing Greeding (alat pengemasan), Husker Polisher (Pemutih beras) dan Paddy Repair (Alat panen Padi).

"Kita dari Pemkab Rohul juga akan kita fasilitasi dengan penyuluhan untuk petani kita, kalau sarana dan prasarananya kita usulkan bantuan dari APBN dan APBD Provinsi," pungkasnya.*