Warga yang Berkurban di Rohul Meningkat, Saat Pandemi 

Warga yang Berkurban di Rohul Meningkat, Saat Pandemi 

2 Agustus 2020
poses penyemblihan hewan kurban di Rohul/R1

poses penyemblihan hewan kurban di Rohul/R1

RIAU1.COM -ROKAN HULU--Meski di tengah Pandemi Covid-19, pada hari raya Idul Adha atau sering hari raya Kurban 1441 Hijriyah tahun 2020 ini, warga Rokan Hulu (Rohul) yang berkurban meningkat. Jumlah hewan yang dikurban 2.758 ekor sedangkan tahun 2019 hanya 2.498 ekor.

Itu berdasarkan data Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakan) Rohul, saat Bupati Rohul H.Sukiman menyerahkan sapi kurban kepada Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Islamic Centre Rohul, H.Abdul Haris yang juga Sekda Rohul, Jumat (31/7/2020), usai Shalat Idul Adha di Masjid Agung Islamic Centre, bersama ribuan jemaah yang tetap jalankan protokol kesehatan.

Bupati Sukiman didampingi Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, juga terlihat, Asisten II Ir H.M Ruslan M.Si, Kabag Kesra Umzakirman, Kadiskominfo Drs.Yusmar.M.Si, Kabag Umum Abdullah, Ketua DW Netty Herawati, Kasubag Perlengkapan Yon Elfian, dan pejabat lainnya.

Bupati Sukiman bersama keluarga, menyerahkan sapi kurban jenis Benggala diperkirakan berat 250 Kg.

“Kita saat ini bisa melaksanakan Shalat Idul Adha dan bersyukur, meski di tengah Pandemi Covid-19 namun tidak mempengaruhi perekonomian warga untuk berkurban. Terbukti tahun ini jumlah masyarakat Rohul berkurban meningkat yakni 2.758 ekor dibandingkan tahun sebelumnya hanya 2.498 ekor,"sebut Bupati.

Loading...

Kemudian dari total 2.758 ekor sapi kurban tersebar di 16 kecamatan se Rohul, Bupati Sukiman memaparkan, sapi kurban yang disembuh 2.326 ekor, kerbau 96 ekor dan kambing 335 ekor. Jumlah itu sudah termasuk 77 ekor yang akan dikurbankan di Masjid Agung Islamic Center Rohul. 

“Bila tahun lalu hewan kurban 2.498 ekor, Alhamdulillah meskipun suasana Pandemi Covid-19 di Rohul justru meningkat jadi 2.758 ekor, walaupun dalam suasana Covid-19 ekonomi masyarakat kita tidak berpengaruh  semangat berkurban,” kata Bupati Sukiman

Abdul Haris mnegatakan, khusus di Mesjid Agung Islamic Center Rohul 77 ekor hewan kurban, 56 ekor dibagikan ke masjid- masjid yang tidak ada penyebelihan hewan kurban, sisanya disembelih di kawasan Masjid Agung. (Amsur)